FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2019

    1019

    Ini dia empat fokus kerja Menkominfo Rudiantara di tahun 2019

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan pada tahun 2019 ini, terdapat empat program bidang komunikasi dan informatika yang akan jadi fokus pekerjannya. Program tersebut mencakup penyelesaian Palapa Ring, membangun satelit sendiri dan mengadakan ponsel smartphone murah.

    "Fokus pertama selesaikan Palapa Ring tahun ini. Barat dan Tengah kan sudah selesai, kita akan mengintegrasikan (dengan Paket Timur), targetnya 2019 pertengahan tahun," kata Rudiantara dalam keterangannya akhir pekan lalu. 

    Menurutnya pembangunan Palapa Ring merupakan upaya untuk pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia yang dikerjakan antara operator dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang bakal fokus pada daerah yang tidak feasible secara bisnis.  

    Rudiantara menyatakan jaringan akses telekomunikasi dan internet harus merata di seluruh Indonesia. Adapun pemanfaatan utamanya untuk sektor pendidikan, kesehatan dan pertahanan.  

    "Network ini harus ada di mana-mana. Di masa mendatang, hal itu juga dikhususkan menyasar sektor pendidikan, kesehatan, keamanan, dan pertahanan," jelasnya.   

    Adapun fokus kedua Kementerian Kominfo adalah membangun satelit sendiri agar seluruh Indonesia bisa terhubung. Upaya itu telah dimulai dengan membuka lelang untuk pengadaan satelit. Targetnya jaringan telekomunikasi dan internet di Indonesia akan ditopang dengan jaringan kabel serat optik Palapa Ring dan satelit multifungsi.   

    "Sekarang lagi proses. kuartal pertama kita tentukan siapa pemenangnya. Satelit ini kita baru punya 2022. Tapi kita tidak nunggu satelit itu, kita akan sewa dulu punya orang yang karakteristiknya sama," jelasnya.  

    Menurut Rudiantara, pemilihan sewa satelit diperlukan agar terjadi percepatan dalam pembangunan jaringan telekomunkasi.  Tujuannya agar Indonesia bisa lebih cepat membangun satelit dan mampu memindahkan antena di satelit sewaan ke satelit milik sendiri.  

    Mengenai fokus ketiga, Kementerian Kominfo akan mendorong kerja sama dengan Kementerian Perindustrian agar masyarakat bisa punya smartphone dengan fitur bagus dengan harga terjangkau. "Dari segi device, ke depannya ponsel murah dan bagus buatan Indonesia akan lebih banyak, yang harganya di bawah sejuta," tuturnya.  

    Sedangkan mengenai fokus keempat, berkaitan dengan upaya mendorong kehadiran Decacorn. Startup digital yang memiliki valuasi diatas US$10 miliar. "Secepatnya pertengahan tahun depan akan ada decacorn di Indonesia. Artinya yang berproses adalah para Unicorn," katanya.

    Sumber berita: www.kontan.co.id (06/01/2019)

    Pewarta: Tane Hadiyantono

    Berita Terkait

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA