FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 12-2018

    1664

    Tak Perlu Takut Digantikan Robot Asal Kuasai Teknologi

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama Alice, robot yang bisa berkomunikasi, melakukan mapping dan bisa berfungsi sebagai personal GPS, dalam Konferensi Pers "Transformasi Robotik menuju Revolusi Industri 4.0" di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan di tengah perkembangan teknologi yang sangat cepat setiap orang harus menyiapkan diri untuk menguasai teknologi.  

    "Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi terutama di erat saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia," jelasnya dalam  Konferensi Pers "Transformasi Robotik menuju Revolusi Industri 4.0" di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

    Rudiantara mengakui bahwa Indonesia masih kurang dalam menyediakan sumberdaya manusia yang terampil dalam bidang digital. 

    "Untuk itu pemerintah menyiapkan program Digital Talent Scholarship untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan standar internasional, termasuk ke depannya untuk teknologi robotik," tandasnya.

    Dalam acara yang digelar Pusat Robot Indonesia untuk mengenalkan Robot Service Artificial Intelligence itu, Menteri Rudiantara membuka acara secara resmi dengan menekan tombol pada robot Alice yang memiliki kemampuan berkomunikasi.  

    Terdapat lima robot yang diluncurkan hari ini dengan fungsi berbeda-beda mulai. Ada robot yang memiliki kemampuan mengantarkan makanan, pelayanan pelanggan (customer service), pemetaan lokasi sampai pendamping belajar. 

    Acara diawali Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Septriana Tangkary dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden Direktur Pusat Robot Indonesia Jully Tjindrawan.

    Konferensi Pers juga dihadiri oleh Ketua Apkomindo Soegiharto Santoso, Penasehat Iwapi Dewi Moetik, dan pakar IT/marketing James Gwee dan sejumlah tamu undangan serta pekerja media.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Pelantikan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo

    Sebelumnya Fadhilah Mathar menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi Digital

    Percepatan transformasi digital yang diharapkan Presiden diantaranya adalah percepatan akses internet, khususnya pembangunan infrastruktur d Selengkapnya

    Gencarkan Literasi Digital, Kominfo: Pemerintah Dorong Publik Kuasai Teknologi Digital

    Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang menyatakan, program tersebut salah satu wujud perhatian pemerintah untuk men Selengkapnya

    Lantik 124 PNS, Kominfo Dorong ASN Digital Kuasai Literasi Digital

    Kepala Biro Kepagawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Imam Suwandi menyatakan, seluruh PNS Kominfo merupakan ASN Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA