FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 12-2018

    687

    Menkominfo Dorong Startup Unicorn Masuk Bursa

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan mendorong perusahaan rintisan (startup) yang menyandang status unicorn untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

    "Startup yang sudah unicorn dan belum sampai decacorn kita dorong masuk ke Bursa. Nanti kalau sudah keburu menjadi decacorn, saya khawatir ekosistemnya yang tidak sanggup," ujar Rudiantara di sela Peringatan Ulang Tahun ke-30 Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) di Jakarta, Kamis.

    Ia mengemukakan decacorn merupakan sebutan untuk perusahaan yang valuasi lebih dari US$ 10 miliar. Sementara, unicorn lebih dari US$ 1 miliar.

    Ia memaparkan terdapat empat perusahaan startup di Indonesia yang levelnya sudah masuk dalam unicorn, yakni Go-Jek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia.

    Rudiantara menyampaikan akan membantu perusahaan startup untuk masuk ke pasar modal. Namun demikian, itu tergantung dari masing-masing startup untuk melihat peluang dalam mencari dana.

    Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas jasa keuangan (OJK), Hoesen mengatakan perusahaan startup di Indonesia dapat memanfaatkan pasar modal melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebagai sumber pendanaannya.

    "Kebijakan di pasar modal sudah ada tinggal dimanfaatkan atau tidak oleh perusahaan, pilihannya ada pada mereka, bisa IPO disini atau di bursa luar," ujarnya.

    Menurut dia, setiap perusahaan juga memiliki strateginya masing-masing dalam menentukan aksi korporasi ke depannya.

    "Itu keputusan mereka mau IPO atau tidak, kaalau IPO kan ada timing-nya, dan penghitungan nilai terbaiknya," katanya.\

    Sumber berita: www.beritasatu.com (13/12/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA