FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2018

    3816

    Ekonomi Digital Bergeliat, Industri Telekomunikasi Akan Tumbuh Pesat

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail.

    JAKARTA - Indonesia telah memasuki era ekonomi digital dan revolusi industri 4.0. Oleh karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) optimistis dengan perkembangan industri telekomunikasi pada tahun depan. 

    Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan, industri telekomunikasi memegang peranan penting agar Indonesia dapat bersaing di kancah internasional. Hal ini untuk mendorong pereekonomian digital nasional. 

    "Kami optimistis 2019 industri telekomunikasi akan berkembang dan menjadi suporter pertama dalam menjadikan indonesia negara maju dibidang ekonomi digital," ujarnya di sela Outlook Industri Telekomunikasi Indonesia di Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (12/12/2018). 

    Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah mengatur regulasi-regulasi sedemikian rupa agar memudahkan pelaku usaha telekomunikasi dalam mengurus perizinan. Selama ini, proses perizinan usaha yang ada di berbagai instansi pemerintah dinilai bertele-tele. 

    "Terkait masalah perizinan di Kominfo yang menjadi sangat cepat, sekarang seluruh perizinan hanya berproses satu hari kerja," kata dia. 

    Selain itu, pihaknya juga akan menekan biaya yang dibebankan pelaku industri telekomunikasi agar lebih terjangkau oleh masyarakat. Dengan demikian, operator telekomunikasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. 

    "PR (pekerjaan rumah) kami adalah menyiapkan spektrum frekuensi radio yamg cukup, available, dan bisa digunakan bagi para telkoperator khususnya selular operator," ucapnya. 

    Sebelumnya, pemerintah masih terus mendorong perekonomian Indonesia ke arah digital seiring dicanangkannya revolusi industri 4.0. Namun, kini pemerintah tidak lagi berfungsi sebagai regulator melainkan fasilitator serta melakukan akselerasi. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pemerintah membangun fasilitas-fasilitas penunjang agar dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya generasi muda untuk mengembangkan ekonomi digital. Salah satunya, pemerintah menargetkan pembangunan Palapa Ring dapat selesai pada pertengahan tahun depan. 

    "Jadi semua kabupaten tahun 2019 pertengahan itu sudah harus terhubung dengan jaringan tulang punggung broadband atau internet kecepatan tinggi," ujarnya saat Milenial Fest di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

    Sumber berita: www.inews.id (12/12/2018)

    Pewarta: Isna Rifka Sri Rahayu

    Berita Terkait

    Percepat Transformasi Digital di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Kemkominfo

    Pemerintah mendorong adanya adaptasi kehidupan baru yang mengakselarasi transformasi digital di tengah pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Selengkapnya

    Menkominfo RI Dukung Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Desa Pagerharjo Kulon Progo

    Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja dalam mendukung infrastruktur Selengkapnya

    Kemenkominfo Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Informasi & Komunikasi Publik Lewat JARKOM

    Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) selaku pengampu tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR), melalui Direkto Selengkapnya

    Menkominfo Harap Layanan Telemedisin Tembus ke Wilayah 3T di Indonesia

    Pemerintah terus berupaya mencari terobosan penanganan Covid-19 (virus Corona) yang efektif. Salah satunya melalui pengembangan solusi keseh Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA