FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2018

    1214

    2019 Semua Sekolah Terkoneksi Internet

    Kategori Sorotan Media | daon001
    OPTIMISTIS – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan pada 2019 semua sekolah bisa terkoneksi internet.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkomitmen memberikan akses pemerataan internet ke setiap sekolah. Ditargekan pada 2019 mendatang semua sekolah bisa terkoneksi internet. Pasalnya, pemanfaatan teknologi digital sangat diperlukan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar.

    Menteri Komunikasi dan Infromatika Rudiantara, mengatakan langkah itu merupakan hal mendesak menuju Indonesia semakin baik. Dengan penyediaan akses internet, diharapkan seluruh peserta didik mampu menggunakannya dalam proses belajar. Upaya itu juga jadi solusi pemerintah untuk memajukan sumber daya manusia sejak dini. 

    "Dari 280 ribu sekolah mulai jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), 80 ribu lebih belum terhubung internet. Yang terhubung internet selebihnya hanya yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Makanya akases internet harus merata untuk proses belajar," ujanya, Senin (10/12). 

    Rudiantara menuturkan, hal itu dimungkinkan dengan adanya akses internet cepat yang dibangun untuk menghubungkan seluruh Indonesia dengan Palapa Ring. Yaitu penanaman kabel jaringan fiber optik di laut Indonesia dengan menggunakan satelit untuk internet kecepatan tinggi. 

    "Pokoknya ditargetkan tahun 2019, semua kabupaten dan semua kota harus terhubung jaringan dengan internet dengan kecapatam tinggi," jelasnya. 

    Selain itu, pentingnya peningkatan kuantitas dan kompetensi sumber daya manusia yang memiliki keahlian teknis agar mampu bersaing. Karena itu, Indonesia harus siap menghadapi perubahaan. Sehinga terciptalah pendidikan yang interaktif antara siswa dan guru. Manfaat lainnya bisa mendapatkan informasi yang terbaru. 

    "Kita akan mempunyai sumber daya manusia yang bisa kompetitif nantinya. Yang bisa fighting dalam dunia global. Indonesia itu menjadi magnet dari ekonomi pertumbuhan ekonomi digital bukan hanya Asean tapi global," terang Rudiantara. 

    Karenanya, penggunaan internet di seluruh sekolah di Indonesia akan berdampak positif bagi generasi masa depan bangsa. Karena dengan adanya internet akan mengubah pola belajar yang dinilai masih terfokus pada menghafal ketimbang memahami konsep. 

    "Kita hanya diajari how to memories anak-anak kita harus belajar critical thingking harus bertanya, why and why not. Kenapa begini, kenapa tidak itu. Bisa kalau punya akses internet yang banyak," ucap Rudiantara. 

    Kendati demikian, dalam metode belajar yang musti diperhatikan yaitu menghargai orang lain dalam menyampaikan pendapat. "Jadi anak Smp satu kelas ada empat dikasih soal kasus, kamu pecahkan, kamu selesaikan, kamu diskusi biar mereka diskusikan satu sama lain. Tetap menjaga dalam koridor budaya kita menghormati cara penyampaian pendapat dan sebagainya yang penting bukan hasilnya tapi prosesnya bagaimana mereka berdiskusi bagaimana mereka beragumen," tukasnya.

    Sumber berita: Indopos (12/12/2018)

    Pewarta: Ahmad Nugraha

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Distrik Airu Kini sudah tersambung Internet

    SENTANI - Distrik Airu yang menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayapura, yang merupakan salah satu daerah tersulit, terdepan Selengkapnya

    BAKTI perkuat akses internet di NTT

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memperkuat keberadaan titik akses internet di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA