FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2018

    1974

    Ditjen Aptika Kementerian Kominfo Gelar Bimtek SPBE

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Ditjen Aplikasi Informatika bekerja sama dengan Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menggelar Bimtek mengenai Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terkait dengan Bidang Kominfo Sub Urusan Aplikasi Informatika.

    Pelaksanaan Bimtek, berlangsung di IPB International Convention Center, Selasa (11/12/2018). Kasubdit Tata Kelola Sistem Elektronik Pemerintahan Pancat Syantana, S.Si dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan Bimtek SPBE ini adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE. 

    Bimtek dihadiri sekitar 150 orang peserta utusan dari BUMD, Kementerian Kominfo Provinsi dan Kab/Kota seluruh Indonesia, di antaranya Dinas Kominfo SP Prov Sulsel dan menghadirkan narasumber dari KemenPAN-RB, Bappenas, Kementerian Kominfo dan BSSN. 

    Sementara, Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Dra. Mariam F. Barata mengatakan, bahwa lahirnya Perpres No 95 tahun 2018 tentang SPBE diharapkan menjadi sebuah wujud tata kelola pemerintahan kearah yang lebih baik lagi, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pembangunan. 

    SPBE merupakan sistem penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.  SPBE sendiri bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE. 

    Dalam Perpres mengatur perihal tata kelola SPBE, manajemen SPBE, penyelenggaraan SPBE, dan percepatan penerapan SPBE. Penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan, serta wujud program Nawa Cita yang menyebutkan agar pemerintah dapat hadir di tengah masyarakat.

    Mariam berharap agar para pimpinan instansi dapat bertindak sebagai penggerak utama SPBE di daerah dan instansi masing-masing dengan mengambil langkah-langkah konkrit yang berorientasi hasil. "Seluruh instansi dapat menyesuaikan program/kegiatan di bidang SPBE sehingga sejalan dengan kebijakan strategis nasional, " katanya.

    Sumber berita: www.infopublik.id (12/12/2018)

    Pewarta: Tobari

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA