FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2018

    1388

    Tangkal Hoaks dengan Literasi dan Penindakan

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA – Sejumlah elemen masyarakat selalu membuat literasi untuk menangkal berita hoaks dengan munculnya tagar #IndonesiaBicaraBaik yang diluncurkan oleh Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas). 

    Namun, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, gerakan itu tidak cukup untuk menangkal hoaks. Selain penindakan dari Kemenkominfo, kerja sama dengan polisi untuk menangani hoaks juga diperlukan. 

    “Tantangannya menjadi luar biasa. Kolaborasi itu harus semakin menjadi agenda utama karena tidak bias lagi seseorang menjalankan misi kehumasannya secara mandiri,” kata Rudiantara, usai menghadiri Konvensi Nasional Humas 4.0, Senin (10/12) dikutip dari keterangan tertulis. 

    Namun, karena masih banyak masyarakat yang belum masuk ke dunia maya, menurut Rudiantara komunikasi kehumasan di tingkat bawah juga harus berjalan. Oleh karena itu, menurut dia perlu ada pertunjukan rakyat yang lebih mengena langsung kepada masyarakat. 

    “Kombinasi semua ini harus dijalankan,” ujar dia. Ia mencontohkan pewayangan. Menurut dia, kalua di daerah itu wayangan berkumpul semua orang dengar dan pesannya dapat dititipkan kepada dalang. 

    “Semuanya yang langsung berhadapan dengan masyarakat, tidak semuanya menggunakan platform digital. Masyarakat di daerah-daerah tertentu memang harus kita literasi secara langsung tidak bias melalui platform ini,” ujar dia.

    Sumber berita: www.republika.co.id (11/12/2018)

    Pewarta: Inas Widyanuratikah

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Percepat Transformasi Digital di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Kemkominfo

    Pemerintah mendorong adanya adaptasi kehidupan baru yang mengakselarasi transformasi digital di tengah pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA