FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 12-2018

    1591

    Inovasi AICTA 2018 Makin Berkualitas dan Punya Nilai Tambah

    Kategori Berita Kominfo | patr001

    Bali, Kominfo – Menteri Kominfo Rudiantara menilai produk inovasi dalam ASEAN ICT Awards (AICTA) semakin berkualitas dan mempunyai nilai tambah. “Kalau kita lihat dari tahun ke tahun, makin ke sini, itu makin berkualitas. Dalam artian proses bisnis yang dituangkan dalam proses digital. Itu makin mempunyai nilai tambah,” katanya saat Konferensi Pers ASEAN TELMIN 2018 di Restoran Bebek Bengil, Ubud, Gianyar, Bali, Kamis (6/12/2018).

    Menteri Rudiantara menyontohkan beberapa karya dan produk dalam AICTA 2018. “Contohnya misalkan E-tanah yang menang dari Malaysia. Itu sebenarnya kita butuh karena sebenarnya kita sedang gencar-gencarnya mengejar sertifikasi dari tanah masyarakat Indonesia yang programnya kan tahun depan sembilan juta satu tahun saja. Saya lupa berapa juta tapi sangat-sangat besar. Nah itu kenapa kita tidak bicara ke mereka untuk mengimplementasikannya di Indonesia? Karena biar bagaimana pun pasar di Indonesia lebih besar atau ada orang-orang Indonesia, anak muda Indonesia yang membikin aplikasi sejenis. Jadi kita harus lihat ke arah sana,” papar Rudiantara.

    AICTA 2018 digelar sebagai side event Sidang Pertemuan ASEAN TELSOM-19/TELMIN-18. Pemberian penghargaan AICTA 2018 telah diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2018 di Njana Tilem Museum, Bali.

    Gelaran AICTA yang digagas Menteri-menteri yang membidangi ICT seluruh negara anggota ASEAN bertujuan memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Gelaran ICT Awards TELMIN 2018 mencakup enam kategori yaitu Public Sector, Private Sector, CSR, Digital Content, Startup Company, dan Research and Development. 

    Ajang kompetisi inovasi bidang TIK itu diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN melalui sektor TIK. "Selain itu juga menjadi ajang memberikan penghargaan kepada para inovator dari seluruh negara anggota ASEAN atas produk/ inovasi yang telah mereka ciptakan," jelas Rudiatara.

    AICTA juga bertujuan mengenali pencapaian di bidang ICT terbaik diantara entrepreneur di seluruh kawasan ASEAN, menjadi tolak ukur kesuksesan bagi inovasi dan kreatifitas. Selain itu juga menawarkan peluang bisnis dan mempromosikan hubungan perdagangan untuk perkuatan ICT dan kesadaran komunitas ASEAN baik untuk wilayah lokal maupun internasional. (PS)

    Berikut Pemenang AICTA 2018 per kategori:

     

    Berita Terkait

    Lantik 35 Orang PPPK, Karowai Tekankan Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

    Menurut Karowai Setjen Kementerian Kominfo, saat ini banyak dibutuhkan energi positif untuk melakukan lompatan pembangunan ke depan. Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Vaksin CDC Terkait Kenaikan Kasus Autisme

    Konon, unggahan itu disertai keterangan vaksin Covid-19 dan autisme memiliki hubungan kausalitas. Selengkapnya

    Sidang Kedua DEWG G20 Rampungkan Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi

    Delegasi DEWG G20 telah menuntaskan diskusi isu konektivitas dan pemulihan pascaCovid-19. Selengkapnya

    Sambut Delegasi DEWG G20, Menkominfo Kenalkan Filosofi Jawa

    Menkominfo Johnny G. Plate berharap penyelenggaraan sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) di kota Daerah Istimewa (DI) Yogyakart Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA