FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 12-2018

    848

    Gelar TELMIN ke-18, Menkominfo Ajak Menteri TIK ASEAN Tanam Pohon di Ubud

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengajak para menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kawasan ASEAN untuk menanam pohon di Ubud, Bali.

    Penanaman pohon ini mengawali Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting (TELMIN) ke-18, yang digelar di tempat sama pada 5-6 Desember 2018. 

    Penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian para pelaku digital terhadap lingkungan. Rudiantara selaku ketua penyelenggara TELMIN pada tahun ini memilih menanam pohon Juet. Pohon lain yang ditanam termasuk Dewadaru, Buni, Kayu Manis, dan Kepundung. 

    "Ini merupakan bagian dari ekosistem, dan walaupun kami semua di bidang teknologi, tapi kami juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Jadi yang kami tanam ini adalah tanaman-tanaman langka di Indonesia," kata Rudiantara saat ditemui dalam acara TELMIN ke-18 di Ubud, Bali (12/5/2018). 

    Penanaman pohon tidak hanya dilakukan oleh 10 menteri di kawasan ASEAN, tapi juga Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao. 

    Rapat Lebih Casual 

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, membuka acara Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting (TELMIN) ke-18 di Ubud, Bali. 

    Rudiantara pun sempat berseloroh tentang penanaman pohon merupakan hal yang penting, dan lebih mudah dilakukan ketimbang membangun jaringan fiber optik. "Ini (menanam pohon) lebih mudah daripada membantun fiber optik," katanya. 

    Adapun TELMIN ke-18 di gelar di Mandapa, Ritz Carlton, Ubud, Bali. Pemilihan lokasi disebut karena Kemkominfo ingin membuat suasana rapat yang lebih santai, tapi tetap fokus kepada berbagai isu yang dibahas. 

    "Rapatnya lebih casual, karena yang penting adalah fokus ke substansinya (ekosistem digital di ASEAN)," jelas Rudiantara. 

    Enam Sub-isu Prioritas 

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seusai menyambangi gedung KPK di Jakarta, Rabu (3/10). Menkominfo Rudiantara menyatakan kehadirannya untuk berdiskusi dengan KPK terkait barang bukti elektronik. 

    Dalam pertemuan ini, ada enam sub-isu prioritas yang akan diutamakan oleh Rudiantara, yakni soal layanan Over the Top (OTT), perlindungan data pribadi, literasi digital, transfer data antar negara, revolusi industri 4.0, dan keamanan jaringan. Tema acara tahunan ini adalah Aiming the Future of Digital Ecosystem for ASEAN prosperity.

    Sumber berita: www.liputan6.com (05/12/2018)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    Gandeng Ekosistem, Kominfo Gelar Literasi Digital di 12 Kota

    Pelindungan data pribadi telah menjadi isu penting selama pandemi Covid-19 ketika hampir semua aktivitas masyarakat berlangsung melalui jari Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA