FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 11-2018

    1765

    Anugerah Jurnalistik Kominfo 2018, Apresiasi Karya Jurnalis Terbaik

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Pameran komunikasi dan informatika KOMEXPO, yang berlangsung di Lapangan Anantakupa, kompleks kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Rabu malam ditutup dengan Anugrah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2018. Menurut Menteri Kominfo Rudiantara, apresiasi itu merupakan penghargan atas kerja sama yang baik jurnalis dan media dalam mengomunikasikan program di sektor komunikasi dan informatika. 

    "Apresiasi ini kami lakukan karena biar bagaimanapun pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo membutuhkan kerja sama yang baik dari teman-teman media. Niscaya tanpa bantuan teman-teman media, tanpa bantuan teman-teman jurnalis dari lapangan sampai ke meja redaksi, pemerintah tidak akan bisa mengkomunikasikan program-programnya dengan baik," kata Rudiantara melalui video taping di Lapangan Anantakupa, Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (28/11/2018) malam.

    Menteri Rudiantara menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir dan mengucapkan selamat kepada para jurnalis yang mendapatkan apresiasi atas karya-karyanya.

    "Jadi dengan ini sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari teman-teman jurnalis, dari siapapun, dan mudah-mudahan kerja sama ini akan kita bisa langsungkan terus-menerus untuk kepentingan kita bersama, untuk kepentingan Indonesia yang lebih baik," tambahnya.

    Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, AJK 2018 merupakan bentuk apresiasi dari Kemkominfo kepada para jurnalis yang menulis, memotret, dan meliput Indonesia dari perspektif Kominfo mulai dari sektor telekomunikasi, penyiaran, aplikasi konten, dan government public relation (GPR).

    "Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan atas kerja jurnalis yang menulis, memotret, dan meliput Indonesia dari perspektif Kominfo mulai dari sektor telekomunikasi, penyiaran, aplikasi konten, dan government public relations (GPR)," ungkapnya.

    Ajang penghargaan bagi jurnalis dengan total hadiah Rp175 juta itu merupakan hasil kolaborasi Kemkominfo dengan Badan Akesesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), yang merupakan Badan Layanan Umum milik Kemkominfo. Hadiah yang disedikaan total hadiah Rp175 juta, juara 1, 2, dan 3 pada masing-masing kategori mendapatkan hadiah masing-masing Rp20 juta, Rp10 juta, dan Rp5 juta.

    Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Yuliandre Darwis menyampaikan bahwa ini merupakan bukti ada begitu banyak literatur jurnalis yang menghasilkan karya-karya untuk menjadi Indonesia yang lebih baik. Dan tentunya hal ini bukan suatu akhir dari sebuah perjalanan, dimulai dari meliput Dan memotret kemudian menulis.

    "Ini adalah sebuah narasi tekstual yang dinamai dengan sebuah visual. Inilah Indonesia. Sekali lagi kami apresiasi untuk seluruh tim yang terlibat dan para tokoh-tokoh yang hadir disini, dan teman-teman semua, teman-teman jurnalis yang luar biasa," tuturnya.

    Penutup KOMExpo

    AJK digelar sebagai penutup rangkaian kegiatan KOMExpo 2018 yang dimulai sejak Senin (26/11/2018). Acara KOMExpo 2018 melibatkan 1.200 pelajar dari 12 SMA dan SMK di wilayah Jakarta Pusat sebagai undangan. Pameran itu diikuti oleh satker di lingkungan Kemkominfo, yakni BAKTI, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ditjen Sumber Daya Perangkat dan Pos Informatika, Ditjen Badan Litbang SDM, dan Ditjen Aptika. Ada pyla Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) serta Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM).

    Pada hari penutupan, acara dibuka dengan penampilan dari SMK Telkom Jakarta yang menyajikan tari saman yang memukau dan menghibur para tamu undangan. 

    Berikut para pemenang penghargaan AJK 2018 yang diselenggarakan Kemkominfo:

    1. Kategori liputan radio :

    JUARA 1 : Fazri Rizkiya - MNC TRIJAYA FM

    JUARA 2 : Sovi Isni Ardila - ELSHINTA.

    JUARA 3 : Taufik Hidayat - RRI SINTANG.

     

    2. Kategori liputan foto.

    JUARA 1 : Isra Triansyah - Sindonews

    JUARA 2 : Wawan Hadi Prabowo - Kompas.

    JUARA 3 : Maulana Surya - Antarafoto

     

    3. Kategori liputan MEDIA online

    JUARA 1 : Bintoro Agung Sugiharto - CNNIndonesia.com

    JUARA 2 : Markus Makur - Kompas.com.

    JUARA 3 : Erik Purnama Putra - Republika.co.id .

     

    4. Kategori liputan media TV.

    JUARA 1 : Achmad Ritopan - Rajawali Televisi.

    JUARA 2 : Ni Luh Enik Ernawati - Kompas TV.

    JUARA 3 : Maharani - Kompas tv.

     

    5. Kategori liputan media Cetak.

    JUARA 1 : Stefanno Reinard Sulaiman - The Jakarta Post.

    JUARA 2 : Robby Patria - Harian Tanjungpinang Pos.

    JUARA 3 : Wahyu Kuncoro - Harian Bhirawa.

    Berita Terkait

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Resmikan Kominfo Mart, Penasihat DWP: Mari Ciptakan Inovasi!

    Penasihat DWP Kementerian Kominfo berharap peluncuran Kominfo Mart memberikan manfaat besar. Selengkapnya

    [Berita Foto] Wakili Presiden, Menkominfo Buka Peringatan Hasiarnas ke-90

    Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan pemerintah terus berupaya mencari solusi dan inovasi kebijakan untuk layanan penyiaran di daerah per Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Budi Arie Tiba di Kepulauan Riau

    Kunjungan Menkominfo Budi Arie untuk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA