FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 11-2018

    2230

    Dirjen IKP: Bangun Sinergisitas Diseminasi Informasi Lewat Kanal Pemerintah

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Badung, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengajak para pejabat  Dinas Kominfo untuk membangun sinergitas diseminasi informasi publik melalui pemanfaatan kanal-kanal strategis milik Pemerintah. 

    "Ada lima tugas kita sebagai government public relations: sosialisasi program pemerintah, literasi/edukasi kepada publik, kampanye program prioritas pemerintah, kontra narasi, nation branding," jelasnya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Pemerintahan Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik di Badung, Provinsi Bali, Rabu (28/11/2018).

    Menurut Dirjen Niken, perkembangan teknogi digital sekarang ini telah banyak membuat perubahan, misal dalam mengonsumsi media saat ini setiap orang bukan hanya menjadi news getter tapi juga news maker secara real time. Bahkan menurutnya, hoaks atau fake news saat ini pun mudah tersebar luas karena mediasi teknologi digital. 

    "Media sosial menggaungkan apa pun yang diproduksi pembuat konten sayangnya kebanyakan informasi yang beredar itu informasi negatif terhadap pemerintah, untuk itu kita perlu mengisi ruang-ruang media sosial dengan informasi yang positif, jangan hanya mengisi informasi di media konvensional. Kita harus mengubah pola kerja kehumasan kita dengan mengelola informasi yang positif," ujarnya.

    Oleh karena itu, menurut Niken, Kementerian Kominfo membangun jaringan pemberitaan pemerintah (JPP) yang setiap hari mendapatkan pasokan informasi dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

    "Setiap hari Ditjen IKP Kemkominfo menerima informasi dari Dinas Kominfo di daerah seluruh Indonesia untuk ditayangkan di jpp.go.id. Ditjen IKP secara rutin menyelenggarakan Forum Merdeka Barat 9 untuk menjawab isu-isu yang sedang hangat dibicarakan media dengan menghadirkan narasumber yang kredibel sesuai isu yang sedang dibahas," jelasnya seraya menambahkan saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan GPR TV untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, terutama khalayak yang belum terjangkau internet.

    Bimbingan teknis itu dilakukan oleh Kementerian Kominfo yang menjadi pembina teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang Kominfo. Bimtek dihadiri para pejabat Dinas Kominfo dan PPID Utama di Provinsi, kabupaten dan kota di Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara  Barat dan Nusa Tenggara Timur.

    Berita Terkait

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Awas Disinformasi Aliran Dana Korupsi SYL!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com ternyata klaim itu keliru. Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Vaksin CDC Terkait Kenaikan Kasus Autisme

    Konon, unggahan itu disertai keterangan vaksin Covid-19 dan autisme memiliki hubungan kausalitas. Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA