FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 11-2018

    2514

    Ini Rencana Menkominfo Soal Digitalisasi Masjid di Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Dewan Masjid Indonesia (DMI), Menkominfo Rudiantara -- yang juga Ketua Pimpinan Pusat DMI -- memaparkan rencananya terkait digitalisasi masjid. Seperti apa?

    Kegiatan ini mengangkat tema Penguatan Implementasi Program DMI untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Acara yang diadakan selama tiga hari ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI, HM Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI pada Jumat (23/11).

    Rudiantara dalam paparan Akselerasi Sistem Teknologi Informasi dan Digitalisasi dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid, menyampaikan beberapa hal yang menarik mengenai Program Akustik Masjid, Aplikasi Dewan Masjid, Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi, Arsitektur Masjid dan rehabilitasi Masjid korban gempa/ tsunami Sulteng NTB.

    Hal menarik terkait Digitalisasi Masjid adalah implementasi aplikasi Dewan Masjid yang mempertemukan Umat, Masjid, dan Dai. Hal ini sudah diimplementasikan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, yaitu Dai online yang bisa memanggil Dai dari aplikasi Dewan Masjid.

    Rudiantara pun meminta kepada seluruh pimpinan wilayah maupun daerah, sesuai arahan Ketum DMI, untuk terus mengumpulkan data masjid dan data dai ke aplikasi Dewan Masjid. Akan ada hadiah khusus 2019 dari DMI untuk Pengurus Wilayah, Pengurus/Remaja Masjid, dan juga untuk dai itu sendiri.

    "Inilah konsep bagaimana kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid untuk masyarakat dan lingkungan," ujar Rudiantara di acara tersebut, yang tertulis di keterangan pers yang diterima detikINET.

    Selain itu untuk mendukung akselerasi Digitalisasi Masjid melalui aplikasi Dewan Masjd, DMI juga menggelar Program Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi. Bersama anak-anak muda PRIMA DMI di seluruh Indonesia diharapkan 800.000 data masjid akan terkumpul dalam waktu dekat dan akan dapat melahirkan banyak Dai-Dai nasional yang bermanfaat, melalui pemanfaatan aplikasi Dewan Masjid ini, serta akan melahirkan banyak inovator-inovator lokal dari masjid.

    "Kita juga sedang membuat program pedoman perancangan Masjid yang akan menjadi ciri khas Masjid di Indonesia dan pedoman perancangan Masjid tahan gempa, terlebih kita baru saja mengalami bencana di Sulteng dan NTB. Ini juga upaya DMI untuk membantu daerah potensi bencana dan rehabilitasi Masjid di daerah bencana," demikian Rudiantara menutup paparannya.

     

     Sumber: www.detik.com

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA