FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 11-2018

    921

    Jajal 3D ARC, Menkominfo: Teknologi 5G Akan Jadi Tren Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menkominfo Rudiantara mencoba perangkat 5G Augmented Reality Collaboration (ARC) berupa tampilan 3D menyusun organ bagian dalam manusia dalam peringatan ulang tahun ke-51 Indosat Ooredoo di Jakarta, Rabu (21/11/2018). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai teknologi 5G akan menjadi tren telekomunikasi di masa mendatang. Hal itu disampaikan usai mencoba perangkat 5G Augmented Reality Collaboration (ARC) dalam acara HUT ke-51 Tahun Indosat Ooreedoo, di Kantor Pusat Indosat Jakarta, Rabu (21/11/2018) kemarin. Dalam demo itu, Rudiantara menyusun tampilan tiga dimensi dari organ-organ tubuh manusia yang tampak seperti nyata. 

    "Industri kita saat ini, di digital, ini luar biasa berubah cepat dan memang dinamikanya luar biasa. Meski belum dipasarkan secara resmi, saat ini teknologi 5G menjadi tren yang terus diupayakan agar dapat diimplementasikan oleh semua operator telekomunikasi di dunia. Adopsi teknologi 5G ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan," ungkap Rudiantara .

    menkominfo jajal kacamata 3D 

    Menurut Rudiantara, Indosat merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kinerja bagus. "Beruntung Indosat saat ini ada 3 ribu karyawan kemudian pendapatan juga sudah bagus, Rp 20 trilliun. Ini sedikit dari perusahaan di Indonesia yang sebetulnya dengan revenue diatas 20 triliun dan relatif karyawannya yang tidak terlalu banyak," katanya.

    Sambutan Menkominfo di Indosat

    Meskipun demikian, semua perusahaan telekomunikasi memiliki tantangan yang besar dengan kehadiran teknologi digital.  “Namun, kembali, dinamika tantangannya luar biasa baik kompetisi di internal, kompetisi di luar, kompetisi di dalam industri, kompetisi dari subtitusi dengan masuknya unicorn yang valuasinya bahkan sudah melewati Indosat, bahkan semua gabungan 4 unicorn, valuasinya melebihi kombinasi Indosat, XL, Smartfren dan Hutchinson,” jelas Rudiantara.

    Sambutan menkominfo didampingi direktur indosat

    Saat ini, Indosat Ooredoo tengah melakukan transformasi dengan mengadopsi teknologi 5G. Perusahaan itu termasuk yang pertama melakukan ujicoba 3D Augmented Reality Collaboration dengan menggunakan 5G. Teknologi itu, memberikan pengalaman interaktif lebih canggih dan kolaboratif untuk berkomunikasi ke level yang lebih tinggi.

    "Aplikasi kolaborasi 3D AR ini dapat digunakan di bidang edukasi dan customer support, untuk menghasilkan komunikasi visual yang lebih berkualitas dan efisien," ungkap Rudiantara.   

    Menkominfo dan direktur indosat chris

    Implementasi teknologi 5G pertama secara komersial kini menjadi strategi Indosat Ooredoo dalam mengembangkan jaringannya ke depan. President Director & CEO Indosat Ooredoo, Chris Kanter mengapresiasi dukungan pemerintah dalam melakukan uji coba teknologi 5G. Chris Kanter merasa bangga dan mengklaim menjadi pelopor pertama di dunia dalam menerapkan teknologi 5G ini secara komersial. "Uji coba 5G hari ini merupakan wujud kesiapan dan menjadi elemen penting dalam mewujudkan hal ini”, ucapnya.

    Menurut Chrisrencana strategis pengembangan jaringan Indosat Ooredoo ke depan juga sejalan dengan Ooredoo Group untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan. “Berbagai upaya penerapan strategi pengembangan jaringan yang dilakukannya saat ini dan ke depan, sebagai komitmen untuk menghadirkan jaringan berkualitas video yang kompetitif bagi pelanggan di era komunikasi data saat ini.. Uji coba 5G hari ini merupakan wujud kesiapan dan menjadi elemen penting dalam mewujudkan hal ini,” tandasnya. 

    Rangkaian ujicoba, diskusi panel, sharing teknologi serta demo dan pameran teknologi 5G ini juga akan berlangsung pada sampai tanggal 23 November 2018 di Kantor Pusat Indosat Ooredoo. Didukung Ericsson, uji coba jaringan 5G itu bisa mendapatkan kecepatan download mencapai 22.5 Gbps, ratusan kali lebih cepat dibanding teknologi 4G. (hm.ys)

    Menkominfo potong kue di hut indosat

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA