FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 11-2018

    2119

    Kecanduan, Orang Tua Diminta Batasi Penggunaan HP pada Anak

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komisi I DPR RI mengadakan seminar bertajuk Mencetak Generasi Unggul di Era Teknologi Informasi, di Hoten Aston, Solo, Minggu (18/11). Seminar yang dihadiri oleh ratusan orang tua dari Solo ini menghadirkan sejumlah narasumber terkemuka. 

    Diantaranya yakni Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, Direktur Keuangan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo, Ahmad Jauhari dan juga Pemerhati Parenting sekaligus dosen IAIN Surakarta, Hatta Syamsudin.  

    Seminar tersebut ditujukan agar masyarakat, terutama para orang tua agar lebih peduli dan bijak dalam penggunaan ponsel dan internet pada anak. Ketua Komisi I DPR Ri, Abdul Kharis mengatakan, pola pengasuhan milenial berbeda dengan zaman dahulu. 

    Sangat memiliki peran dalam pengasuhan. Akan tetapi, tidak sedikit yang justru tidak bijak dalam pengawasannya. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi anak ke depannya.  

    "Bagaimana teknologi komunikasi dan informasi ini bisa bermanfaat pada masa depan anak milenial. Makanya perlu dipersiapkan dengan baik, sehingga bisa menjadi generasi emas dan bukan sebaliknya," urainya kepada JawaPos.com, usai mengisi seminar. 

    Abdul Kharis tidak menampik bahwa saat ini anak-anak usia SD sudah mempunyai ponsel. Padahal, pada usia tersebut belum waktunya untuk mempunyai ponsel. "Jika orang tidak diberikan informasi yang cukup maka yang ada nantinya bukan menjadi generasi emas. Apalagi kalau orang tuanya gagap teknologi (gaptek). Makanya dalam seminar ini kami berikan informasi penggunaan internet yang positif," imbuhnya.  

    Dalam kesempatan yang sama, Pemerhati Parenting, Hatta Syamsudin mengungkapkan, bahwa berdasarkan asosiasi kedokteran di Kanada usia minimal anak diperbolehkan menggunakan ponsel adalah usia dua tahun. Itu pun penggunaannya dibatasi maksimal hanya satu jam saja. 

    "Usia 2-6 tahun itu maksimal satu jam, kemudian 6-18 tahun maksimal dua jam sehari. Kalau lebih bisa menimbulkan kecanduan," ucapnya. 

    Sumber berita : Jawa Pos (18/11/2018)

    Berita Terkait

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Perempuan Diminta Lebih Banyak Terjun ke Dunia Teknologi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perempuan terjun ke dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lewat berbagai Selengkapnya

    Gerakan Literasi Digital Siberkreasi Raih Penghargaan di WSIS 2020

    GERAKAN Nasional Literasi Digital Siberkreasi dinobatkan sebagai Winner dari Action Lines WSIS C4 Capacity Building yang terkait dengan peme Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA