FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 10-2018

    1367

    Rudiantara: RI Bisa Punya 2 Startup Unicorn Lagi Tahun Depan

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

    Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan bisnis startup makin menjamur. Bahkan, Indonesia sudah memiliki empat startup berstatus unicorn. Unicorn merupakan julukan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar (Rp 15,2 triliun). Keempat startup tersebut adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan BukaLapak. 

    Tahun depan, diperkirakan akan ada satu atau dua perusahaan rintisan yang bakal menyusul empat startup sebelumnya yang telah menyandang status unicorn tersebut. "Tahun 2019 itu ada satu lagi. Jadi, ada lima unicorn karena sudah ada empat yang kita miliki saat ini," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Minggu (28/10/2018). 

    "Nambah satu lagi lah target kita, yakin juga bisa nambah dua unicorn lagi," jelas pria yang akrab disapa Chief RA itu. Menurutnya, ada beberapa perusahaan potensial dalam negeri lainnya yang bisa menjadi unicorn. Meskipun tidak secara spesifik, Rudiantara menyebut ada dua sektor yang potensial. 

    "Apakah itu dari teknologi pendidikan atau kesehatan. Nanti akan kita lihat. Saya tidak ingin sebut nama," jelasnya. Presiden Joko Widodo memang mengungkapkan rasa bangganya terhadap sejumlah startup asal Indonesia yang bertumbuh besar dan sekarang berstatus unicorn. Hal ini diungkapkan melalui akun Instagram resminya, Sabtu (27/10/2018). 

    Dalam keterangan foto yang diunggah, Jokowi mengutip sebuah laporan bertajuk "Southeast Asian Tech Report". Dalam laporan tersebut, terdapat delapan startup di Asia Tenggara yang menjadi unicorn. "Perusahaan baru yang memiliki valuasi di atas satu miliar dolar AS. Empat dari Singapura dan empat dari Indonesia. Luar biasa," tulisnya. 

    Secara rinci, Jokowi pun menyebut empat unicorn dari Indonesia, yakn Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Keempatnya, lanjut Jokowi, digawangi oleh anak-anak muda yang mampu menghadapi perubahan global seraya melahirkan inovasi-inovasi baru. 

    "Tentu saja saya senang bahwa dalam empat sampai lima tahun ini kita sudah memiliki empat unicorn. Di acara IdeaFest 2018 di Jakarta, kemarin, saya menyatakan ingin lebih dari itu," tulis bekas Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

    Sumber berita : www.cnbcindonesia.com (29/10/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo targetkan tiga unicorn baru pada 2024

    Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan tiga perusahaan rintisan (startup) dengan valuasi lebih dari Selengkapnya

    Di Depan Investor, Rudiantara: Kami Ingin Banyak Unicorn RI

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap mendukung pertumbuhan startup Selengkapnya

    Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Singgah di Denpasar

    Acara ini diselenggarakan di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati, Denpasar, Sabtu (7/9). Staf Khusus Menteri Bidang PMO dan Ekonomi Digital Kominf Selengkapnya

    JK Tekankan Pentingnya Startup yang Bernilai Jual

    Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan para generasi muda mulai memikirkan startup yang bernilai jual. Menurut JK, tak cukup startup hanya me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA