FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 10-2018

    1512

    Bali Inisiatif Digagas Jadi Referensi Pengembangan Fintech

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Financial Counsellor and Director for the Monetary and Capital Markets Department IMF Tobias Adrian menyampaikan keterangan kepada media mengenai Global Financial Stability Report di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018). - (antarafoto)

    Nusa Dua, Kominfo - Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG) 2018 akan menelurkan Bali Inisiatif berisi 12 prinsip yang bisa dijadikan acuan bagi negara-negara yang ingin mengembangkan keuangan digital atau financial technology (fintech).

    Demikian dijelaskan Peter Jacobs, Kepala Unit Khusus Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Bali ini.  Menurutnya,  pemerintah Indonesia ingin pertemuan ini bisa menjadi referensi dunia. “Ini permintaan Presiden Joko Widodo secara khusus agar pertemuan di Bali ini bisa menghasilkan output yang menjadi legacy bagi Indonesia,” katanya di ruang Joint Editors AM IMF-WBG 2018, Selasa (9/10).

    Ia mencontohkan, Indonesia sudah pernah menjadi acuan dunia dalam kerangka demokrasi dan solidaritas antarbangsa saat menginisiasi Konferensi Asia Afrika. “Kita harapkan Bali Inisiatif juga mampu berperan mendoronng digital ekonomi dunia, yang mereferensi Indonesia,” jelasnya.

    Apalagi, lanjutnya, Ini adalah pertemuan yang langka, sehingga Presiden tidak ingin Indonesia hanya sebatas sebagai penyelenggara. Hal itu kemudian menjadi landasan didorongnya  ada agenda seminar bersama yang melibatkan IMF dan Bank Dunia khusus membahas persoalan fintech.

    Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan hadir langsung dalam seminar yang menghadirkan pembicara, antara lain Direktur IMF Christine Lagarde, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, dan Menteri Keunangan RI Sri Mulyani.

    “Dari 12 prinsip yang akan ditelurkan dalam Bali Inisiatif, salah satunya adalah jangan lagi fintech terlau menguntungkan negara maju, melainkan juga harus membantu negara yang sudah berkembang,” pungkas Jacobs.

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Jelang Pemilu, Wapres Ingatkan TNI dan Polri Sigap Jaga Potensi Kerawanan Keamanan

    Wapres mengingatkan jajaran TNI dan Polri untuk terus sigap dalam menjaga keamanan dan perdamaian dari berbagai ancaman dan kerawanan yang d Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Seleksi Pemain Timnas U-17

    Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, dalam keterangan terpisah mengatakan bahwa seleksi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presid Selengkapnya

    15 Instansi Jadi 'Pilot Project' Transformasi Sistem Penghargaan ASN

    Kementerian PANRB menyusun pokok materi sistem kesejahteraan ini, diantaranya adalah transformasi rancangan penggajian. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA