FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2018

    1669

    KPAI Minta Kominfo Tutup Grup Gay Pelajar di Garut

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menutup grup Facebook pria penyuka sesama jenis atau gay di Garut, Jawa Barat. Grup komunitas gay yang viral di media sosial tersebut diduga pesertanya adalah pelajar SMP dan SMA.

    "Kominfo harus menutup grup tersebut agar tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif dan Kepolisian harus melakukan cyber patrol agar grup seperti ini tidak meluas," kata Komisioner KPAI Putu Elvina saat dikonfirmasi Okezone, Senin (8/10/2018).

    Putu mengatakan, kasus tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak. Sejurus dengan itu, aparat berwajib diminta mendalami aktivitas grup agar semuanya terang benderang.

    "Apakah aktivitas grup mengarah pada pelanggaran pidana seperti pornografi anak, transaksi pelacuran online, kemungkinan trafficking online, apakah semua anggotanya anak, maka harus diselidiki dengan serius sehingga kasus seperti ini tidak terulang seperti kasus 'loly pop candy' yang sebelumnya," tutur Putu.

    KPAI, lanjutnya, akan berkordinasi dengan Polres Garut untuk memastikan penanganan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sejalan dengan itu, KPAI juga meminta Bupati Garut memastikan proses rehabilitasi bagi anak-anak tersebut.

    Masyarakat dihebohkan dengan informasi adanya grup pria sesuka sesama jenis atau gay di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Grup komunitas gay yang viral di media sosial tersebut diduga pesertanya adalah pelajar SMP dan SMA. Polisi masih menyelidiki informasi tersebut.

    Grup tersebut muncul di Facebook dengan nama 'Kumpulan Barudak Gay SMP/SMA Garut. Tercatat sudah 2,6 ribu anggota dalam grup tersebut. 21 Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui adanya informasi grup gay pelajar. "Iya betul ada informasi terkait itu," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin 8 Oktober 2018. "Kita tengah lakukan penyelidikan," jelasnya.

    Sumber berita : www.okezone.com (08/10/2018)

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA