FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2018

    1730

    Menkominfo Ajak Mahasiswa Berpikir Inovatif

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Makassar, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak mahasiswa untuk berpikir inovatif dan tanpa batasan untuk menghadapi era Revolusi Industrri 4.0.

    “Kita sekarang telah berada di era industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan telekomunikasi. Fenomena ini mengharuskan kita untuk melakukan adaptasi dalam cara kita berbisnis dan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Rudiantara ketika menyampaikan orasi ilmiah di Aula Prof Amiruddin, Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Sabtu (22/09/2018).

    Di hadapan ratusan mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Hasanuddin,  Rudiantara mengajak seluruh mahasiswa untuk berpikir inovatif dan tanpa batasan.  "Menghadapi era industri 4.0 ini mahasiswa harus berani berpikir out of the box.  Bahkan, kalau perlu berpikir no box. Setiap mahasiswa harus mau berpikir inovatif. Itu berarti bukan hanya berpikir dalam bidang ilmunya saja,” paparnya.

    Menurut Rudiantara, era industri 4.0 membuka banyak peluang baru yang bisa menjawab beragam persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

    “Contohnya taksi online, yang sekarang memiliki banyak layanan. Ini bukan saja menjawab peluang bisnis, tapi juga memiliki nilai lebih. Menurut saya, bisnis ala taksi online itu adalah bisnis yang paling mendekati syariah. Ada kejelasan akad di depan. Pengguna taksi dulu tidak mengetahui berapa biaya yang akan dia bayar jika sudah tiba di tujuan. Sementara dengan taksi online, pengguna jasa tahu berapa biayanya sebelum jalan. Ini adalah model akad dalam bisnis syariah,” paparnya.

    Hadir dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-62 Universitas Hasanuddin  itu Rektor Unhas, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua LPPM, Direktur Alumni dan Penyiapan Karir, serta para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Universitas Hasanuddin.

    Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan sambutan selamat datang. Dalam pidato singkatnya, Rektor Unhas menyampaikan terima kasih atas kesediaan Menteri untuk hadir di tengah-tengah kesibukan beliau. Rektor Unhas juga menyampaikan Unhas sebagai PTNBH mempunyai visi untuk mengembangkan kemaritiman.

    “Jadi saya perlu laporkan juga kepada bapak Menteri bahwa Unhas ini sejak lama memang telah membawa visi maritim yang merupakan visi kampus, dimana setiap alumni Unhas kami harapkan mempunyai karakter maritim dalam dirinya,” kata Prof. Dwia.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA