FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 09-2018

    1089

    Pemerintah Dorong UMKM Gerakkan "E-Commerce"

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Surabaya - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) turut membangun dan menggerakkan usaha e-commerce melalui transaksi daring (dalam jaringan) atau online mengingat potensinya besar di Indonesia.

    "Transaksi daring melalui portal e-commerce semakin populer digunakan di masyarakat luas, dan hal tersebut dapat dinilai sebagai perkembangan positif, karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat ini," kata Direktur Informasi dan Komunikasi, Septriana Tangkary saat Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online Murah, Cepat, dan Aman di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/9).

    Kemen kominfo menggandeng sejumlah pihak terkait untuk mengedukasi UMKM terkait penggunaan e-commerce. Dari kegiatan itu diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan e-commerce dan mengembangkan usaha mereka.

    Septriana menjelaskan Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia, mengingat saat ini terdapat penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta. Pengguna e- commerce pun terus meningkat dengan bertambahnya portal perdagangan online.

    "Perkembangan ekonomi ini harus terus dipupuk dan masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk terus melakukan transaksi daring agar industri dapat terus berkembang dengan pesat. Namun penting untuk diingat, masyarakat pun perlu dilindungi dengan dibekali ilmu cara bertransaksi digital yang aman," jelasnya.


    Kontribusi Besar

    Lebih lanjut, Septriana mengungkapkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) lndone-sia mencapai 61,41 persen dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit.

    "Namun, baru sekitar delapan persen atau sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform daring untukmemasarkan produknya. Padahal tren pergerakan konsumen semakin memberat di transaksi daring," ujarnya.

    Dengan kegiatan ini, diharapkan potensi besar e-commerce di Indonesia lebih tergali. Apalagi, dengan tingginya masyarakat yang mengakses internet, memungkinkan Indonesia untuk menjadi pasar transaksi daring terbesar di Asia.

    "Pada 2020, transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan mencapai 130 miliar dollar AS. Hal ini dapat tercapai, jika UMKM juga turut terlibat dalam membangun pasar dari sisi penyedia barang," ujarnya.

    Sumber Berita: Koran Jakarta hal. 5 (20-9-2018)

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Kominfo Dorong UMKM Manfaatkan Platform Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perusahaan rintisan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan platf Selengkapnya

    Strategi Pemerintah Mewartakan Pandemi Covid-19

    Pemerintah mengedepankan prinsip human communication dalam menyampaikan berita terkait pencegahan covid-19 dalam rangka adaptasi kenormalan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA