FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2013

    4060

    Kemkominfo Sedang Persiapkan Infrastruktur Internet Cepat di Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | admin

     

    Jakarta, Kominfo - Internet telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur agar koneksi internet cepat segera tersedia di Indonesia.

    Infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan Palapa Ring 2 untuk mempercepat tersedianya infrastruktur yang mendukung koneksi internet cepat di seluruh wilayah Indonesia. Tahun depan diharapkan Palapa Ring 2 akan menjangkau Papua.

    "Tahun 2014 Palapa Ring 2 akan menyambung kabel fiber optik dari Manado ke Ternate dan Ternate ke Papua," tutur Menkominfo, Tifatul Sembiring, pada acara INAICTA 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu, (31/8).

    Tifatul juga mengatakan bahwa broadband akan disediakan di kota-kota besar sekitar Sumatera. "Broadband kan terus dibangun. Nantinya Medan, Lampung, Riau dan kota lainnya akan terhubung melalui broadband," ungkap Tifatul lagi.

    Tifatul mengungkapkan harapannya agar kabel fiber optik sudah masuk ke rumah supaya koneksi internet yang tersedia bisa lebih cepat. "Sementara ini sudah ada, tapi baru di kantor-kantor yang internetnya pakai fiber optik langsung," paparnya.

    Selain koneksi broadband dan Palapa Ring 2, Menkominfo mengungkap program 'Pembangunan Seribu Wifi di Seluruh Indonesia'. Wifi itu diakuinya untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat seperti pendidikan dan kebutuhan lainnya.

    "Kami juga akan sediakan 1.00 WiFi di seluruh Indonesia agar koneksi internet bisa dirasakan masyarakat luas. Jumlah itu di luar milik Telkom yang rencananya 1 juta WiFi," pungkasnya. (Ajo)

    Berita Terkait

    Kominfo Rebut Penghargaan Terbaik II JDIHN

    Menkumham Yasonna H. Laoly mengapresiasi seluruh anggota JDIHN dari berbagai institusi, yang telah bekerja sama dan bersinergi dengan Badan Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Saksikan Pembukaan PON Papua di TV dan Medsos

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan siaran langsung Selengkapnya

    Gangguan Massal, Internet Indonesia Diretas? Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, menemukan fakta bahwa informasi bahwa operator layanan telekomunikasi yang Selengkapnya

    Kominfo Siapkan Instruktur Radio Maritim Berstandar Internasional di UPT

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan instruktur radio maritim berstandar internasional untuk setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA