FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2013

    5853

    Kemkominfo Sedang Persiapkan Infrastruktur Internet Cepat di Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | admin

     

    Jakarta, Kominfo - Internet telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur agar koneksi internet cepat segera tersedia di Indonesia.

    Infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan Palapa Ring 2 untuk mempercepat tersedianya infrastruktur yang mendukung koneksi internet cepat di seluruh wilayah Indonesia. Tahun depan diharapkan Palapa Ring 2 akan menjangkau Papua.

    "Tahun 2014 Palapa Ring 2 akan menyambung kabel fiber optik dari Manado ke Ternate dan Ternate ke Papua," tutur Menkominfo, Tifatul Sembiring, pada acara INAICTA 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu, (31/8).

    Tifatul juga mengatakan bahwa broadband akan disediakan di kota-kota besar sekitar Sumatera. "Broadband kan terus dibangun. Nantinya Medan, Lampung, Riau dan kota lainnya akan terhubung melalui broadband," ungkap Tifatul lagi.

    Tifatul mengungkapkan harapannya agar kabel fiber optik sudah masuk ke rumah supaya koneksi internet yang tersedia bisa lebih cepat. "Sementara ini sudah ada, tapi baru di kantor-kantor yang internetnya pakai fiber optik langsung," paparnya.

    Selain koneksi broadband dan Palapa Ring 2, Menkominfo mengungkap program 'Pembangunan Seribu Wifi di Seluruh Indonesia'. Wifi itu diakuinya untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat seperti pendidikan dan kebutuhan lainnya.

    "Kami juga akan sediakan 1.00 WiFi di seluruh Indonesia agar koneksi internet bisa dirasakan masyarakat luas. Jumlah itu di luar milik Telkom yang rencananya 1 juta WiFi," pungkasnya. (Ajo)

    Berita Terkait

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA