FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 09-2018

    2792

    Stop Hoax, Sebarkan Informasi Menyejukkan Bagi Korban Gempa

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Mataram, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengimbau media memberikan informasi dan berita yang menyejukkan kepada masyarakat korban gempa bumi Lombok dan Sumbawa.

    "Suguhilah informasi dan berita yang menyejukan masyarakat. Informasi ataupun berita yang dapat memberikan edukasi," katanya di Media Center Tanggap Bencana Gempa Bumi Pemulihan Pulau Lombok - Sumbawa, Bandara ZAM, Mataram, Sabtu (01/08/2018).

    Didepan awak media Niken berharap peran media sangat berpengaruh membangun kepercayaan diri dan semangat masyarakat terhadap informasi yang menyejukan hati.

    "Berita yang kita sajikan dapat menenangkan masyarakat Pulau Lombok dan Sumbawa yang sedang membangun," ungkap Dirjen IKP.

    Menurut Niken, informasi yang berkembang saat ini kadang terlalu berlebihan memberitakan gempa bumi di pulau Lombok. Kondisi itu bisa membuat masyarakat cepat percaya dan panik. "Informasi dan berita kadang berlebihan sehingga masyarakat kita resah," kata Niken.

    Oleh karena itu, Dirjen IKP mendorong awak media untuk melakukan pengecekan ke sumber resmi pemerintah. "Untuk cek berita tentang kegempaan sumbernya adalah BNPB, kalau ada berita yg simpang siur segera cek info dari BNPB," tandasnya.

    Menurut Niken, masyarakat khususnya netizen juga bisa berperan aktif menyebarkan informasi dengan bijak dan menghindari penyebaran informasi hoaks atau yang tidak jelas sumbernya.

    "Mari kita bijak menyebarkan informasi. Terutama informasi yang terkait gempa bumi di Pulau Lombok. Informasi menjadi komoditas utama yang dikonsumsi publik baik di media massa atau di media sosial. Hindari menyebarkan berita hoaks atau yang tidak jelas sumbernya," katanya.



    Berita Terkait

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Awas Hoaks! Petugas KPU Menyusup dan Beri Bocoran Debat Perdana

    detik.com memberitakan bantahan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman soal klaim yang menyebut adanya petuga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA