FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
27 08-2018

773

Kominfo Berbagi Program indonesiabaik.id dalam Forum UN-ESCAP

SIARAN PERS NO. 200/HM/KOMINFO/08/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 200/HM/KOMINFO/08/2018

Tanggal 27 Agustus 2018

Tentang

Kominfo Berbagi Program indonesiabaik.id dalam Forum UN-ESCAP 

 

Bangkok, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika berbagi pengalaman dalam pengelolaan Program Soft Campaign Government Public Relation (GPR) dalam Forum United Nations Economic and Social Commision for Asia and The Pasific (UN - ESCAP).  

Direktur Pengelolaan Media Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Siti Meiningsih memaparkan Program indonesiabaik.id. sebagai program pemerintah yang fokus pada keterbukaan informasi publik, transparansi, dan akuntabilitas pemerintah melalui data yang disajikan. 

"Kemasan konten kami arahkan khususnya untuk rentang usia 20-34 tahun. Menyederhanakan kemasan program dan kebijakan pemerintah sehingga lebih mudah dipahami,” jelas Siti Meiningsih dalam Sesi “The 2-nd of the Asia-Pacific Information Superhighway Steering Committee and WSIS Regional Review”, di Bangkok, Thailand, Senin (27/08/2018).  

Menurut Direktur Pengelolaan Media, kemasan konten program pemerintah dalam indonesiabaik.id juga menjadi salah satu upaya memerangi peredaran informasi hoaks dan berita bohong. 

"Data yang dirilis dengan kemasan menarik tersebut, sekaligus menjadi konten antihoaks yang menjawab banyaknya berita bohong yang kini gencar diperangi di Indonesia," jelasnya.

Siti Meiningsih juga menyebutkan produksi konten menjadi penting karena penduduk Indonesia karena saat ini dominan memiliki akses terhadap internet. "Penetrasi internet di atas 51% dari total populasi, struktur penduduk yang didominasi usia produktif, serta pengguna internet dan media sosiallah yang menjadi peluang indonesiabaik.id," katanya. 

Mengenai keberlanjutan program, Direktur Pengelolaan Media menyebut saat ini Pemerintah RI tengah berupaya memperkuat dan meningkatkan kecepatan akses internet agar merata di seluruh Indonesia. "Proyek nasional “Palapa Ring” yang menghubungkan Indonesia melalui broadband dan ditargetkan selesai pada 2019 menambah kepercayaan diri Indonesiabaik.id dalam memproduksi konten," paparnya.

Dengan akses internet cepat, konten dalam bentuk apapun akan lebih mudah diakses dan disebarluaskan ke seluruh pelosok Indonesia.  “Konten grafis dan video, ke depan bukan halangan di Indonesia karena internet merata dengan broadband," tambah  Siti Meiningsih. 

 

Rebut WSIS Prize 2018 

Indonesiabaik.id merupakan inisiatif yang dikenalkan mulai 6 Juni 2017 oleh Menteri Kominfo Rudiantara dengan tujuan sebagai salah satu content creator serta media jejaring konten positif untuk mengonter peredaran hoaks di Indonesia. Selain itu, indonesiabaik.id juga memperhatikan peningkatan kapastitas pemuda dalam membuat konten positif.

"Program ini masif dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan kerja sama beragam pemangku kepengtingan," jelas Siti Meiningsih. 

Indonesiabaik.id mendapat penghargaan sebagai Winner dari World Summit on Information Society (WSIS) Prize 2018 pada Action Line C9, kategori media.  Inisiatif itu dinilai mempunyai peran penting dalam pengembangan masyarakat informasi berupa mendorong peran media untuk menjalankan perannya, konsisten dengan upaya memerangi konten yang merusak, dan mendorong pengembangan sumber daya manusia dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. 

“Itu semua sesuai dengan semangat WSIS dalam mendorong target SDG’s (Sustainable Development Goals): penggunaan TIK, akses masyarakat terhadap informasi, dan keterbukaan informasi publik,” pungkas Siti. 

Forum UN-ESCAP ditujukan untuk mempertajam identifikasi tantangan dan peluang dalam kerjasama serta penyusunan Master Plan and Regional Cooperation Framework empat tahun ke depan.  Lebih dari 40 perwakilan negara di Asia dan Pasifik ikut dalam diskusi yang dipandu Senior Advisor International Telecommunication Union (ITU), Sameer Sharma.

Pada sesi panel tersebut, dipaparkan pula ICT Modules for Asia and the Pasific oleh APCICT untuk Astion Line C4; Skills Development in Digital Age oleh APEC; WSIS Action Line C1, C7, C11 oleh Undesa; serta Research Agenda through an Academia Network for the Asia Pasific Information Superhighway Initiative oleh Indian Institute of Advanced Studies.  

 

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-350402
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


Berita Terkait

Siaran Pers No. 115/HM/KOMINFO/06/2019 tentang Kominfo Tingkatkan Anggaran untuk Pengembangan SDM pada 2020

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajukan kenaikan pagu indikatif pada tahun anggaran 2020. Kenaikan itu dialokasikan untuk bidang P Selengkapnya

Siaran Pers No. 114/HM/KOMINFO/06/2019 tentang Kembangkan Kolaborasi, Jadikan Indonesia Surga Startup Digital

Indonesia telah menjadi salah satu "surga" bagi tumbuhnya startup digital. Tingkat pertumbuhan sangat pesat, bahkan lebih tinggi dari negar Selengkapnya

Siaran Pers No. 113/HM/KOMINFO/06/2019 tentang 'Hattrick' Kominfo Peroleh Predikat WTP dari BPK Tiga Tahun Berturut-turut

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan rasa syukur setelah lembaga yang dipimpinnya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pe Selengkapnya

Siaran Pers No. 112/HM/KOMINFO/06/2019 Tentang Kominfo Gerak Cepat Tanggapi Surat Menkes Terkait Pemblokiran Iklan Rokok di Internet

Sehubungan dengan adanya permintaan Kementerian Kesehatan RI kepada Kemkominfo untuk lakukan pemblokiran iklan rokok internet, dengan ini di Selengkapnya