FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2018

    1957

    Mau Coba WiFi Kecepatan Tinggi? Datang ke Kota Tua!

    Kategori Berita Kominfo | vera002
    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini (kedua kanan) dan Direktur Teknologi Yessie D. Yosetya (kiri) serta Kepala Jakarta SmartCity DKI Jakarta Setiaji, meletakkan tangan di layar saat uji coba layanan 5G dan WiGig di Kota Tua, Jakarta, Senin (20/08/2018). XL Axiata memberikan layanan teknologi 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) untuk mendukung Jakarta SmartCity dalam pengelolaan aktivitas lingkungan perkotaan di seputaran kawasan Kota Tua. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo- Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan XL Axiata menggelar uji coba layanan teknologi telekomunikasi berbasis 5G di kawasan Kota Tua Jakarta. Masyarakat bisa mencoba akses Wireless Gigabit atau WiGig, WiFi dengan kecepatan tinggi, tujuh kali lipat dari akses WiFi yang ada selama ini. 

    “Kalau teknologi 5G untuk mendukung korporasi dan manufaktur, tapi WiGig manfaatnya lebih untuk konsumen. Tadi saya udah ujicoba," ungkap Menteri Kominfo Rudiantara dalam Acara Uji Coba 5G dan WiGig untuk Mendukung Jakarta Smart City, di Kantor Pos Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (20/8/2018).

    Menkominfo menjelaskan bahwa uji coba ini merupakan salah satu bentuk peran pemerintah sebagai fasilitator. “Peran pemerintah harus shifted, tidak lagi hanya sebagai regulator tapi jadi fasilitator dan akselerator. Uji coba 5G dan WiGig ini bentuk dari fasilitasi pemerintah bagi masyarakat," jelasnya.

    Fasilitasi diperlukan untuk mewujudkan Indonesia yang menjadi terdepan dalam kecepatan akses internet. "Jika kita fasilitasi kita bisa menjadi negara nomor dua setelah Singapura untuk kecepatan internet. Tahun 2019 harusnya Jakarta dan Singapura bisa sebelas dua belas beda tipislah. Kita punya satu tahun lagi tapi semua harus bergerak baik vendor, operator dan pemerintah baik pusat dan daerah,” jelas Rudiantara.

    Berkaitan dengan implementasi smarcity, teknologi 5G dan WiGig ini akan diterapkan dalam aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan. Uji coba yang dilakukan mencakup penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV) dan layanan internet kecepatan tinggi melalui WiFi yang juga langsung bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar area uji coba.

    “Masalah di ibukota adalah kebutuhan internet cepat. Kemacetan, air bersih dan konektivitas menjadi tantangan kota metropolitan. Akses internet untuk setiap penduduk sudah menjadi kebutuhan dasar seperti air bersih dan listrik. Persoalan konektivita diselesaikan dengan teknologi fiber on the air. Teknologi 5G untuk internet super cepat, smart home dan smart city. Sedangkan WiGig untuk memenuhi kebutuhan konektivitas kota metropolitan,” ungkap Direktur Teknologi XL Axiata Yessi D. Yosetya. (VE)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Tips Ketahui Tingkat Kejantanan Pria

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Video Promosi Layanan Tarik Uang Gaib

    Ternyata unggahan video promosi layanan penarikan uang secara gaib tersebut tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Selengkapnya

    Awas Disinformasi, Video Peringatan Air Laut Pasang Cilegon!

    Kabag Ops. Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengatakan video tersebut adalah kegiatan simulasi di PT Lotte Chemical. Selengkapnya

    Migrasi Siaran ke TV Digital Buka Peluang Sektor Kreatif

    Banyak manfaat dari program ASO, salah satunya membuka peluang kerja sektor kreatif. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA