FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 08-2018

    991

    Palapa Ring Indonesia Tengah Beroperasi September

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta -- Menteri Kominfo Rudiantara menyebut bahwa Palapa Ring di Indonesia bagian tengah diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir bulan September mendatang.

    Sementara konstruksi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia bagian timur diharapkan selesai pada bulan Desember. Sementara itu kabel fiber optik di daerah Indonesia bagian barat sudah mulai beroperasi sejak bulan Maret lalu.

    "Sehingga tahun 2019 nanti kita, semua kabupaten, kotamadya di Indonesia yang jumlahnya ada 514, itu sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi," kata Rudiantara saat ditemui di daerah Jakarta Selatan, Jumat (10/8).

    Ia mengaku hingga saat ini masih terdapat ketidakadilan dalam distribusi internet di Indonesia. Sebagai contoh, ia membandingkan kecepatan internet yang dapat diakses oleh masyarakat Jakarta dengan kecepatan internet di Maluku da Papua.

    "Sekarang kita di sini memanfaatkan [koneksi] 4G dengan kecepatan rata-rata tujuh Mbps, tapi saudara kita yang di Papua, Maluku, mereka baru 300 Kbps," ujar Rudiantara. "Dan mereka harus membayar lebih mahal dibanding kita yang tinggal di Jakarta," lanjutnya.

    Oleh sebab itu, dengan Palapa Ring Kemenkominfo hendak memastikan bahwa seluruh masyarakat di Indonesia memiliki akses internet dengan kecepatan dan tarif yang sama. (eks)

     

    Sumber Berita: www.cnnindonesia.com (12/08/2018)

    Berita Terkait

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    Meski Pandemi COVID-19, Kominfo Minta Anak Indonesia Semangat Belajar

    indopos.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berpesan agar anak-anak Indonesia tetap semangat dan optimistis mesk Selengkapnya

    5 Proposisi Indonesia soal Keamanan Data di Pertemuan G20

    Pemerintah Indonesia menyerukan kedaulatan dan keamanan data dalam pertemuan puncak dari rangkaian pertemuan G20 Digital Economy Ministerial Selengkapnya

    Septriana Tangkary: Gunakan Media Sosial untuk Berkarya Menghasilkan Sesuatu

    POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary, Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA