FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 08-2018

    1885

    Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Terus Berlangsung, Prioritas untuk Koordinasi dan Posko Pengungsian

    SIARAN PERS NO. 166/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 166/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 8 Agustus 2018

    Tentang

    Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Terus Berlangsung, Prioritas untuk Koordinasi dan Posko Pengungsian

     

    Pemulihan jaringan telekomunikasi khususnya base station (BS), pascagempa bumi 7.0 SR terus berlangsung berkembang sangat signifikan. Sejak Senin (5/8) hingga Rabu (8/8) siang hari ini sejumlah 639  base station telah pulih kembali dan beroperasi. Sementara masih terdapat 306 BS yang belum dapat digunakan dan dalam proses pemulihan operasional karena membutuhkan pasokan sumberdaya listrik.  

    Sebagai informasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, layanan telekomunikasi yang berjalan didukung dengan sejumlah 7.418 BS site 2G, 3G dan 4G. Semua layanan itu didorong bisa melayani kebutuhan komunikasi secara merata sampai ke pelosok. 

    Kendala utama pemulihan base station adalah pasokan listrik dari PLN dan bahan bakar minyak untuk genset. Selain itu juga ada beberapa base station yang masih terisolir dan hanya bisa dijangkau dengan kendaraan yang terbatas. 

    Namun demikian, operator seluler mengalihkan akses jaringan telekomunikasi ke base station terdekat agar bisa digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat.   Operator telekomunikasi juga terus melakukan mobilisasi genset dan baterei cadangan agar base station bisa digunakan kembali. 

    Menteri Kominfo Rudiantara meminta Tim Kementerian dan operator telekomunikasi memberikan prioritas dukungan telekomunikasi dan pemulihan jaringan pada lokasi pos koordinasi dan tempat pengungsian.

    Untuk mendukung dan memudahkan akses komunikasi di pos koordinasi (posko), dari sepuluh unit VSAT yang disediakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, saat ini telah terpasang sembilan unit. 

    Sesuai dengan kebutuhan lapangan, VSAT yang dalam rencana awal akan dipasang di Dusun Mentareng, saat ini dipasang di Posko Desa Obel-Obel. Sementara VSAT untuk kebutuhan Media Center dipindahkan ke Posko Sankareang yang lebih membutuhkan untuk kegiatan koordinasi, karena di Media Center yang terletak di Kantor Gubernur sudah ada akses internet.  

    Satu VSAT yang rencananya dipasang di RSUD Mataram tidak jadi karena adanya gedung runtuh sehingga tidak memungkinkan proses instalasi.  Namun ada pemasangan VSAT baru di Posko Desa Khayangan.

    Adapun dua VSAT di Posko Bayan dan Sambik Elen yang masih dilaporkan tidak bisa digunakan hari ini ditargetkan bisa digunakan kembali. Pagi ini Tim BAKTI Kominfo akan melakukan pengecekan dan perbaikan dengan menggunakan motor untuk menjangkau lokasi.

     

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 234/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

    Mudikpedia menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan “Mudik Ceria, Penuh Makna”, sesuai slogan Angkutan Lebaran 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA