FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 08-2018

1203

Kominfo Apresiasi Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom-4

SIARAN PERS NO. 165/HM/KOMINFO/08/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 165/HM/KOMINFO/08/2018

Tanggal 7 Agustus 2018

Tentang 

Kominfo Apresiasi Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom-4

 

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika mengapresiasi keberhasilan PT Telkom meluncurkan Satelit Merah Putih.  "Saya atas nama pemerintah mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas peluncuran Satelit Merah Putih hari ini," kata Menkominfo Rudiantara melalui video dalam acara Live Stream Peluncuran Satelit Merah Putih  di Telkom Landmark Tower Jalan Gatot Subroto, Selasa (07/08/2018) siang. 

Menurut Menteri Kominfo peluncuran satelit ini bermakna sangat strategis bagi Indonesia. "Dari sisi kapasitas kita ini masih  membutuhkan banyak kapasitas satelit, karenanya saya senantiasa mendorong teman-teman penyelenggara satelit khususnya Telkom untuk mencari jalan baru utuk memenuhi kebutuhan satelit  Indonesia yang berkembang sangat luar biasa," jelasnya.

Menteri Kominfo mengungkapkan kebanggaan sebagai bagian dari pembangunan telekomunikasi Indonesia.  "Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Telkom, baik yang ada di Jakarta maupun yang di Florida. Semoga dengan peluncuran satelit ini merupakan milestones bagi kita, milestones bagi industri telekomunikasi Indonesia khususnya," ungkapnya. 

Menteri Kominfo  meminta PT Telkom Indonesia untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan. "Saya yakin Telkom ke depan akan senatasiasa meluncurukan satelait yang baru, dengan kapasitas yang baru maupun dengan teknologi yang baru," katanya. 

Satelit Merah Putih atau Telkom-4 resmi diluncurkan ke angkasa Selasa (07/08/2018). Peluncuran Satelit Merah Putih ini dibawa dengan roket Falcon 9 milik SpaceX di Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Satelit Merah Putih yang diterbangkan pada pukul 12.18 WIB, akan menempati slot orbitnya di posisi 108 derajat Bujur Timur (108 BT), tepat di atas Selat Karimata, Kalimantan Barat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini hadir mewakili Menteri Kominfo menyaksikan peluncuran Satelit Merah Putih di Telkom Landmark Tower Jalan Gatot Subroto Selasa (07/08/2018) siang  hari ini. 

"Kami atas nama pemerintah, dan mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika mengucapkan selamat kepada Telkom Indonesia untuk satelit merah putihnya di bulan kemerdekaan satelit hadir di atas Karimata," kata Farida Dwi Cahyarini. 

Sekjen Kominfo juga mengharapkan agar keberadaan Satelit Merah Putih bisa memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan layanan kepada masyarakat Indonesia. 

"Harapan kami agar satelit bisa memperkuat infrastruktur satelit di indonesia. Kami juga mengucapkan selamat pada Telkom yang selalu bisa memberikan layanan dan komitmen kepada masyarakat indonesia," kata Farida. 

Satelit Merah Putih telah diluncurkan pada ketinggian 500km di atas bumi. Selanjutnya satelit akan memutari bumi sampai mencapai lokasi geostationer selama 11 hari ke depan. Satelit itu  memiliki masa operasi sampai 16 tahun. Ia nantinya akan menggantikan satelit Telkom 1 yang masa aktifnya masih bertahan sampai 2022.

 

Noor Iza
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-350402
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


Berita Terkait

Siaran Pers No. 311/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Tiga Upaya Strategis Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

Pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai upaya strategis untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di Tanah Air agar Selengkapnya

Siaran Pers No. 310/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Larangan Penggunaan Data Kependudukan Tanpa Hak dan/atau Melawan Hukum Untuk Keperluan Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi

Pada tanggal 21 Nopember 2018 Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2018 tentang Larangan P Selengkapnya

Siaran Pers No. 309/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Permudah Permohonan, BAKTI Kominfo Luncurkan Aplikasi PASTI

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi pengajuan permohonan ak Selengkapnya

Siaran Pers No. 308/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Kerja Sama Dengan 23 Kepala Daerah Untuk Percepat Bangun BTS USO

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan penandatanganan kerja sama dengan Selengkapnya