FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2018

    1676

    Presiden Instruksikan Penanganan Terbaik Bagi Korban Gempa Lombok

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan keterangan pers terkait gempa Lombok berkekuatan 7 skala richter (SR) seusai meninjau latihan pelatnas Pencak Silat di TMII, Jakarta, Senin (6/8). Presiden mengucapkan duka cita atas meninggalnya korban gempa Lombok serta menginstruksikan Menko Polhukam untuk mengkoordinasikan penanganan pascagempa dengan pihak terkait. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajarannya untuk memberikan yang terbaik dalam penanganan korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

    Presiden juga menyampaikan duka mendalam bagi para korban. Gempa yang juga dirasakan hingga ke Bali dan Jawa bagian timur, terjadi Minggu (05/08/2018), pukul 18.46 WITA.

    "Saya atas nama pribadi dan masyarakat Indonesia mengucapkan duka yang dalam atas banyaknya saudara-saudara kita di NTB yang meninggal karena gempa sore hari kemarin," ujar Presiden, Senin (06/08/2018), di Venue Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

    Setelah mendapat laporan terkait kejadian gempa tersebut, Presiden menginstruksikan jajaran terkait untuk melakukan penanganan pascagempa dengan sebaik-baiknya.

    "Tadi malam saya sudah memerintahkan kepada Menko Polhukam untuk mengoordinasi seluruh jajaran yang terkait dengan ini, baik BNPB, Kemensos, TNI, Polri, dan lainnya agar penanganan masalah gempa ini bisa dilakukan secepat-cepatnya. Baik yang berupa evakuasi korban yang meninggal maupun yang luka-luka untuk segera ditangani termasuk penanganan logistik dan yang lain-lainnya," ucapnya.

    Kepala Negara juga meminta jajarannya memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang sedang berada di Lombok saat kejadian.

    "Saya pesan kepada Menko Polhukam agar penanganan turis ini juga dilakukan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada pelayanan yang kurang terutama dalam rangka pengaturan jadwal penerbangan," kata Presiden.

    Presiden memastikan pemerintah akan memberikan bantuan bagi para korban terdampak gempa. Seperti yang mengalami kerusakan tempat tinggal maupun yang lainnya. Namun, pemerintah akan terlebih dahulu meninjau langsung di lapangan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian mengenai jumlah bantuan yang akan diterima para korban terdampak.

    "Kita akan melihat dulu keadaan di lapangan, baru kita putuskan. Tetapi bahwa akan diberikan bantuan iya, jumlahnya yang belum diputuskan," tandasnya.

     

    Berita Terkait

    Bertemu Tony Blair, Presiden Bahas Investasi Energi dan Percepatan Transformasi Digital

    Dalam keterangannya selepas pertemuan, Menteri Investasi menyebut bahwa pertemuan bersama Tony Blair menghasilkan beberapa kesepakatan penti Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA