FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 08-2018

    727

    Pascagempa, Pemerintah Tambah Akses Internet di Lombok

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Guna mendukung akses internet pascagempa di wilayah Lombok, pemerintah mengerahkan jaringan infrastruktur tambahan.

    "Untuk mendukung kebutuhan komunikasi data dan Internet bagi warga dan dukungan pemulihan pascabencana di Lombok,)," ujar Plt Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Noor Iza, Rabu (1/8/2018).

    Sebagai informasi BAKTI yang dulunya Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), ialah lembaga dibawah Kominfo yang berperan dalam pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia.

    Noor melanjutkan, ada empat terminal VSAT yang diletakkan di wilayah bencana yang sejak Minggu menghentak Lombok tersebut. Wilayah yang dimaksud, yaitu dua di Lombok timur dan dua di Lombok utara.

    "Beberapa operator seluler juga sedang melakukan peningkatan kemampuan jaringannya agar dapat mendukung kebutuhan Internet di wilayah Lombok," tuturnya.

    Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter dengan kedalaman 24 km itu mengguncang Pulau Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat serta Pulau Bali pada Minggu (29/7). Pusat evakuasi terjadi di wilayah Sembalun, yang merupakan salah satu pos pendakian menuju Gunung Rinjani, yang sedang ramai pengunjung.

    Selain korban jiwa 16 orang dan 300 lebih warga terluka, gempa di Lombok Timur menimbulkan kerusakan fisik parah pada ribuan bangunan rumah, gedung fasilitas publik, dan perkantoran. Pemerintah Provinsi NTB menetapkan waktu tanggap darurat hingga Kamis (2/8). Berbagai unsur dari kementerian terkait, lembaga sosial kebencanaan, dan TNI-Polri telah tiba bahu-membahu menolong warga dan melakukan evakuasi.

    sumber: www.detik.com

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Migrasi TV analog ke digital, pemerintah akan berikan bantuan alat

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan alat khusus yang akan memungkinkan untuk migrasi televis Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit

    Pemerintah berkomitmen mengakselerasi akses internet di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh wilayah Indonesia, yakni di puske Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA