FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 07-2018

    1430

    Perjuangkan IDEA Hub, Menkominfo Undang Dubes Negara G20

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama duta besar dan perwakilan Negara-Negara G20 dalam Excellency Brief dengan para Duta Besar G20 di Jakarta, Senin (23/07/2018) malam. - (istimewa)

    Jakarta, Kominfo - Sejumlah upaya diambil oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong inisiatif Indonesia G20 Inclusion Digital Economy Accelerator (IDEA) Hub diterima sebagai insiatif untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi dunia. 

    Untuk memastikan inisiatif yang akan dibahas dalam sidang Digital Economy Task Force (DETF) pada 31 Juli - 1 Agustus 2018 mendatang, Menteri Kominfo 'turun gunung' menjelaskan sendiri kepada Duta Besar dan perwakilan Negara-negara G20 yang ada di Indonesia.

    "Ini kali pertama Menteri di Indonesia melibatkan dan mengundang Duta Besar untuk membahas strategi memastikan inisiatif diterima dalam pertemuan G20," kata Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital, Lis Sutjiati mengutip pernyataan salah seorang duta besar dalam Excellency Brief dengan para Duta Besar G20 di Jakarta, Senin (23/07/2018) malam.

    Beberapa duta besar atau perwakilan Negara-Negara G20 menilai insiatif yang diajukan Kementerian Kominfo itu sangat inovatif. "Mereka baru pertama kali ini diundang untuk mendukung insiatif itu sebagai bagian bahasan dalam G20 DIgital Economy task Force dan G20 Ministrial Declaration," jelas Lis Sutjiati.

    Menurut Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital, inisiatif IDEA Hub juga akan dibahas dalam Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi Digital G20 yang akan berlangsung pada tanggal 23 s.d. 24 Agustus 2018 di Buenos Aires, Argentina. 

    "Pada prinsipnya para dubes sangat mendukung gagasan Indonesia serta memberikan masukan bagaimana mengefektifkan dan memaksimalkan hub yang akan dibangun," tambah Lis Sutjiati.

    Acara yang dikemas dalam jamuan makan malam itu diisi dengan paparan dari Menteri Kominfo Rudiantara dan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital, Lies Sutjiati mengenai inisatif IDEA Hub.  IDEA Hub merupakan kurasi atas studi kasus tentang tahapan adopsi inisiatif digitalisasi yang memiliki dampak siginifikan dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Inisiatif IDEA Hub merupakan kontribusi Indonesia kepada ekonomi global melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 


    Dubes Negara-Negara G20 yang hadir antara lain dari Australia, Korea, Perancis dan Italia. Sementara dari Rusia, China dan Amerika diwakili oleh Charge d’Affairs, Deputy Chief of Mission atau pejabat setingkat dibawah Dubes.  Acara yang sama akan diadakan hari ini Selasa (24/07/2018) dan akan dihadiri oleh Dubes dari negara-negara G20 lainnya.*



    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA