FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 07-2018

    1363

    Menteri Rudiantara Yakini Papua akan Merdeka pada 2020

    Kategori Sorotan Media | daon001

     Jakarta. Melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan pada tahun 2020 seluruh desa di Kabupaten Puncak Jaya, Papua akan merdeka dengan memiliki Base Transceiver Station (BTS). Warga akan dapat mengakses layanan suara dan pesan pendek melalui jaringan seluler.

    “Tahun 2020 tidak ada lagi desa yang tidak memiliki BTS di Puncak Jaya. Untuk dapat mencapai target tersebut, pemerintah pusat perlu bantuan terkait perijinan tanah dari pemerintah daerah,” tegas Menteri Kominfo Rudiantara dalam kunjungannya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

    Ditambahkannya, hal itu merupakan komitmen pemerintah yang tidak akan pernah menyerah untuk mengentaskan kesenjangan akses telekomunikasi walapun banyak kendala dan tantangan secara geografi. “Sudah ada 41 Kabupaten di Papua dan Papua Barat dibangun menjadi bagian tulang punggung internet kecepatan tinggi dintaranya 31 kabupaten merupakan wilayah yang sama sekali belum memiliki akses,” terang Menteri Kominfo.

    Menteri Rudiantara menegaskan hal itu sebagai keberpihakan pemerintah untuk membangun dengan perspektif Indonesia Sentris. “Ini merupakan kebijakan keberpihakan dari pemerintah pusat untuk membangun Indonesia secara centris dan keseluruhan dimana masyarakat Indonesia mendapatkan haknya akan akses telekomunikasi,” tandasnya.

    Menurut Menteri Kominfo, di Indonesia ada 80.000 sekolah yang belum terhubung dengan jaringan internet. Tahun 2022 mendatang, tidak ada lagi sekolah yang tidak memiliki internet cepat karena BAKTI akan menyediakan satelit yang dapat menjangkau hingga ke wilayah pedesaan.

    Dalam kunjungannya ke Kabupaten Puncak Jaya Papua, Menteri Rudiantara yang didampingi Direktur Utama BAKTI Anang Latif, juga menyempatkan berkunjung ke SMP I Mulia Puncak Jaya. Turut mendampingi Menkominfo, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda dan jajaran pemerintah daerah. Kunjungan mereka disambut dengan suka cita oleh siswa-siswi SMP I Mulia.

    Dalam sambutannya, Yuni Wonda menyampaikan rasa terima kasihnya atas hadirnya layanan internet di sekolah yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Tidak hanya akses internet, BTS yang dibangun oleh BAKTI telah menghadirkan sinyal seluler dan membawa warna bagi masyarakat Puncak Jaya.

    “Hadirnya sinyal seluler  dan layanan internet tidak berhenti hanya untuk wilayah yang sudah terbangun saja tapi untuk lokasi-lokasi yang telah diusulkan juga disegerakan pembangunannya serta sosialisasi maupun pelatihannya untuk pemanfaatan yang maksimal juga menjadi perhatian,” tuturnya.

    Memanfaatkan Sinyal BAKTI dari BTS di Kampung Trikora, Mulia, Muncak Jaya, Menteri Kominfo menyapa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di Jakarta melalui telepon seluler. Dalam perbincangan akrab, Menteri Pariwisata meminta dukungan dari Kementerian Kominfo untuk sarana telekomunikasi di destinasi wisata yang ada di Papua dan Papua Barat.

    Mengakhiri kunjungan di Puncak Jaya, Menkominfo melihat langsung lokasi pembangunan Tower Microwave Palapa Ring Timur untuk memantau perkembangan pembangunan.

    Sumber Berita : www.majalahict.com (21/07/18)

    Berita Terkait

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Menkominfo Umumkan Lima Juru Bicara Vaksin Covid-19. Siapa Saja?

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan lima juru bicara baru untuk penanganan Covid-19. Penunjukkan jur Selengkapnya

    Mengenal "KIM", Mitra Kominfo Sosialisasikan Pemilihan Serentak 2020

    Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah agenda politik nasional Pemilihan Serentak 2020 adalah aspek sosialisasi untuk membuka cakra Selengkapnya

    Satelit Satria Ditargetkan Meluncur 2023

    Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan peluncuran satelit Satria ini untuk mendukung pembangunan transformasi digital di Indonesia yang dimi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA