FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 07-2018

    2139

    Tahun 2020, Semua Desa di Puncak Jaya Akan Miliki BTS BAKTI

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara menyerahkan ponsel agar Bupati Yuni Wonda bisa langsung bicara dengan Menpar Arief Yahya. Dalam kunjungannya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (17/07/2018), Menteri Kominfo menyapa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di Jakarta melalui telepon seluler. - (mth)

    Puncak Jaya, Kominfo - Melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan pada tahun 2020 seluruh desa di Kabupaten Puncak Jaya, Papua akan memiliki Base Transceiver Station (BTS). Warga akan dapat mengakses layanan suara dan pesan pendek melalui jaringan seluler.

    "Tahun 2020 tidak ada lagi desa yang tidak memiliki BTS di Puncak Jaya. Untuk dapat mencapai target tersebut, pemerintah pusat perlu bantuan terkait perijinan tanah dari pemerintah daerah," tegas Menteri Kominfo Rudiantara dalam kunjungannya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (17/07/2018).

    Ditambahkannya, hal itu merupakan komitmen pemerintah yang tidak akan pernah menyerah untuk mengentaskan kesenjangan akses telekomunikasi walapun banyak kendala dan tantangan secara geografi. "Sudah ada 41 Kabupaten di Papua dan Papua Barat dibangun menjadi bagian tulang punggung internet kecepatan tinggi dintaranya 31 kabupaten merupakan wilayah yang sama sekali belum memiliki akses," terang Menteri Kominfo.

    Menteri Rudiantara menegaskan hal itu sebagai keberpihakan pemerintah untuk membangun dengan perspektif Indonesia Sentris. "Ini merupakan kebijakan keberpihakan dari pemerintah pusat untuk membangun Indonesia secara centris dan keseluruhan dimana masyarakat Indonesia mendapatkan haknya akan akses telekomunikasi," tandasnya.

    Menurut Menteri Kominfo, di Indonesia ada 80.000 sekolah yang belum terhubung dengan jaringan internet. Tahun 2022 mendatang, tidak ada lagi sekolah yang tidak memiliki internet cepat karena BAKTI akan menyediakan satelit yang dapat menjangkau hingga ke wilayah pedesaan.

    Dalam kunjungannya ke Kabupaten Puncak Jaya Papua, Menteri Rudiantara yang didampingi Direktur Utama BAKTI Anang Latif, juga menyempatkan berkunjung ke SMP I Mulia Puncak Jaya. Turut mendampingi Menkominfo, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda dan jajaran pemerintah daerah. Kunjungan mereka disambut dengan suka cita oleh siswa-siswi SMP I Mulia.

    Dalam sambutannya, Yuni Wonda menyampaikan rasa terima kasihnya atas hadirnya layanan internet di sekolah yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Tidak hanya akses internet, BTS yang dibangun oleh BAKTI telah menghadirkan sinyal seluler dan membawa warna bagi masyarakat Puncak Jaya.

    “Hadirnya sinyal seluler  dan layanan internet tidak berhenti hanya untuk wilayah yang sudah terbangun saja tapi untuk lokasi-lokasi yang telah diusulkan juga disegerakan pembangunannya serta sosialisasi maupun pelatihannya untuk pemanfaatan yang maksimal juga menjadi perhatian,” tuturnya.

    Memanfaatkan Sinyal BAKTI dari BTS di Kampung Trikora, Mulia, Muncak Jaya, Menteri Kominfo menyapa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di Jakarta melalui telepon seluler. Dalam perbincangan akrab, Menteri Pariwisata meminta dukungan dari Kementerian Kominfo untuk sarana telekomunikasi di destinasi wisata yang ada di Papua dan Papua Barat.

    Mengakhiri kunjungan di Puncak Jaya, Menkominfo melihat langsung lokasi pembangunan Tower Microwave Palapa Ring Timur untuk memantau perkembangan pembangunan. (BAKTI/*)

     

    Berita Terkait

    Tahun Depan, Indonesia Akan Luncurkan Tiga Satelit

    Menteri Johnny menyatakan ketiga satelit itu akan diluncurkan tahun depan. Selengkapnya

    Sosialisasi Inpres 6/2020, Tak Sekadar Imbauan tapi Penegakan Protokol Kesehatan

    Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan seluruh jajaran pemerintahan untuk memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan Selengkapnya

    Tahun 2020, Menkominfo Ingin Kelola Regulasi Dukung Industri 4.0

    Persoalan regulasi yang cenderung berbelit dalam birokrasi, diperlukan penataan pengelolaan yang dapat berjalan baik. Hal tersebut sebagai s Selengkapnya

    Tahun 2020, Program DTS Diarahkan untuk Kurangi Pengangguran

    Tahun 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Program Digital Talent Scholarship (DTS). Kepala Badan Penelitian dan Pengemban Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA