FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 07-2018

    1169

    Pertemuan IMF-WB Untungkan Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Dengan manfaat yang begitubesar, pemerintah diproyeksikan hanya akan mengeluarkan anggaran Rp 566 miliar dari pagu yang sudah ditetapkan sebesar Rp 855 miliar.

    Luhut  Binsar  Pandjaitan  selaku  Ketua  Pelaksana  Pertemuan  Tahunan  International Monetary  Fund  (IMF)  World  Bank  (WB)  2018 menyatakan  banyak  manfaat  yang  dapat dipetik  oleh  Indonesia  dari  acara  yang  akan  berlangsung  di  Bali  pada  8-14  Oktober tersebut.

    Luhut,  misalnya,  mengungkapkan  pihaknya  akan  mengambil  kesempatan  untuk  dapat mengedepankan  isu-isu  yang  menjadi  kepentingan nasional,  seperti  soal  mangrove karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan jeko sistem hutan bakau terbesar di dunia.

    "Pemerintah  akan  mendesak  pihak  internasional  untuk  ikut  membantu  merawat  dan memperbaiki  ekosistem  penyerap  emisi  karbon  dioksida  itu.  Pasalnya,  manfaat  dari mangrove yang tumbuh dengan baik akan dirasakan oleh seluruh dunia," ujar Luhut saat mengunjungi kantor Media Group di Jakarta, kemarin.

    Dari   helatan   IMF   juga   akan   dicetuskan   Bali   Declaration   dengan   substansi   terkait pengembangan sumber daya manusia. Dalam deklarasi itu. Luhut mengatakan Indonesia akan menjadi contoh teladan bagi pengembangan sumber daya manusia.

    "Presiden Bank Dunia mengatakan, selama enam tahun menjabat, ia baru melihat satu negara,  yaitu  Indonesia,  yang  sangat  serius  mengatasi  persoalan  stunting.  Pun  ada kebijakan   terkait   dana   desa   dan   pengentasan   masayarakat   dari   kemiskinan   yang dianggap  bisa  dijadikan  model  bagi  negara-negara  lain,"  ujar  Luhut.  Manfaat  lain  ialah dari sisi pariwisata.

    Kata Luhut, untuk Bali saja, pemerintah menyiapkan 33 titik destinasi wisata. Pemerintah juga  tengah  membangun  penambahan  infrastruktur  di  Bandara  Ngurah  Rai  sehingga ditargetkan   akan   ada   tambahan   1,2   juta   wisatawan   ke   Bali.   Ditambah   dengan pembangunan Cruise Terminal di Tanjung Benoa.

    Dengan  manfaat  yang  begitu  besar,  ia  mengatakan  pemerintah  diproyeksikan  hanya akan mengeluarkan anggaran Rp 566 miliar, jauh dari pagu yang ditetapkan sebesar Rp 855 miliar. Artinya, ada efisiensi Rp 289 miliar.

     Ini juga lebih rendah daripada biaya pertemuan di Peru pada 2015 atau Singapura pada 2006 yang mencapai Rp l,l triliun hingga Rp l,5 triliun. "Jadi, masalah dana memang saya betul-betul kontrol. Tidak boleh ada pengeluaran yang tidak diperlukan," tegasnya.

    Dalam   kesempatan   yang   sama.   Menteri   Komunikasi   dan   Informatika   Rudiantara menyatakan  para  pelaku  usaha  harus bersiap menghadapi  tamu-tamu  pertemuan  IMF-WB, termasuk dengan menyediakan aneka makanan khas.

    "Pasti  nanti  ada  CEO  Deutsche  Bank,  JP  Morgan,  dan  lain-lain.  Bisa  adaseribu  orang sejenis lainnya yang keluar setiap malam. Mereka butuh makan dan mereka pasti akan makan di luar hotel," ujar Rudiantara .

    Gunung Agung aman

    Luhut juga memastikan situasi di Bali akan terus kondusif selama pertemuan yang akan dihadiri 189perwakilan negara itu, termasuk soal Gunung Agung yang statusnya saat ini masih aktif.

    "Kami membuat simulasi komputer setelah letusan September lalu. Dampak terburuknya itu hanya sampai 12 kilometer dari titik erupsi, sementara lokasi pertemuan itu 76 km dari sana. Ditambah angin bertiup ke timur, tidak ke arah lokasi pertemuan di selatan," jelas Luhut.

     Kepala  Badan  Nasional  Penanggulangan  Bencana,  Wisnu  Widjaja,  memastikan  situasi Gunung Agung tidak akan memburuk. "Letusan-letusan kecil tetap akan ada. Namun, itu tidak akan mengganggu karena kekuatannya tidak akan besar," kata Wisnu, kemarin.

    Sumber Berita : Media Indonesia

    Berita Terkait

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Empat Prioritas Utama untuk 5G di Indonesia

    Jaringan 5G di Indonesia memang belum terimplementasi. Namun pemerintah sudah mulai berancang-ancang menyiapkan kehadirannya, salah satunya Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Kembangkan Inovasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA