FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 07-2018

    2203

    Bupati Puncak Jaya Apresiasi Terobosan Akses Telekomunikasi untuk Kawasan 3T

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama pelajar di Mulia, Kab Puncak Jaya, Papua, Selasa (17/07/2018)

    Puncak Jaya, Kominfo - Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menghargai terobosan baru pemerintah pusat untuk membangun telekomunikasi di kawasan terdepan, terpencil dan tertinggal.

    "Terobosan baru Pemerintah Jokowi-JK untuk membangun telekomunikasi di daerah 3T sangat dirasakan manfaatnya. Terima kasih atas akses internet rakyat di sekolah, Puskesmas, serta lokasi publik," katanya di halaman SMPN 1 Mulia Kab. Puncak Jaya saat menerima Kunjungan Kerja Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Selasa (17/07/2018).

    Bahkan Bupati Yuni Wonda meminta agar tahun depan seluruh sekolah bisa mendapatkan akses internet untuk kebutuhan ujian nasional dan penerimaan peserta didik baru.

    "Kami berharap tahun depan seluruh Puncak Jaya dapat akses internet sehingga (bisa) penerapan sistem PPDB, dan dengan adanya akses internet bisa kikis kesenjangan akses di pedesaan," pintanya.

    Kabupaten Puncak Jaya merupakan salah satu lokasi prioritas pembangunan akses internet rakyat dan BTS Perbatasan. Akses internet yang dibangun oleh Balai Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kominfo sudah bisa digunakan siswa SMKN 1 dan SMPN 1 Mulia sejak setahun yang lalu.

    Mengenai keberadaan Base Transmission Station (BTS), Bupati Yuni Wonda mengusulkan penambahan akses untuk distrik lain serta penambahan kapasitas jaringan. "Usulan kami, mohon BTS tidak (saja) di Trikora, kawasan lain blankspot segera dapat sinyal seluler," tuturnya.

    Bupati Yuni Wonda juga meminta dukungan akses VSAT untuk layanan publik pemerintah. "Agar mendukung komunikasi dan kelancaran tugas pelayanan yg berbasis TIK. Saat ini kecepatan jaringan internet 2 Mbps, kami mohon dapat tingkatkan akses internet jadi 4 Mbps," katanya di hadapan Menteri Rudinatara dan Dirut BAKTI Anang Latif.

    Bupati Puncak Jaya juga meminta agar Proyek Palapa Ring dapat dipercepat untuk menyatukan Indonesia melalu telekomunikasi. "Kami mohon Palapa Ring dipercepat karena Puncak Jaya adalah bagian dari NKRI. Genaplah Bapak (Menkominfo) sudah tiba di Papua, karena belum sampai Papua sebelum tiba di Puncak Jaya," katanya.

    Hari ini, Menteri Kominfo melakukan kunjungan kerja ke Puncak Jaya dan Mamberamo Raya untuk memantau perkembangan pembangunan NOC Palapa Ring Timur serta akses BTS untuk Kawasan 3T. Dalam kunjungan kerja itu Menteri Rudiantara didampingi oleh Direktur Utama BAKTI Anang Latif, Sekdaprov Papua Titus Emanuel Adopehan Hery Dosinaen, Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle, Kepala Balmon Jayapura Titus Tangke serta CEO Inforte Solusi Infotek Peter Djatmiko dan GM Infokom Tri Bimo.

    Berita Terkait

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Hasil Penertiban Alat dan Perangkat Telekomunikasi

    Tujuan pemusnahan barang untuk memberi kepastian hukum. Selengkapnya

    Kominfo Apresiasi Komunikasi Publik Kementan Tangani Penyakit Hewan

    Ada dua hal yang membuat Kementan berhasil menangani penyakit PMK secara cepat. Pertama kompetensi penanganan di lapangan yang mumpuni dan k Selengkapnya

    Menkominfo Apresiasi Peluncuran Layanan 5G untuk Sukseskan KTT G20

    Menkominfo mengharapkan peluncuran layanan telekomunikasi 5G itu dapat menyukseskan agenda Presidensi G20 Indonesia, yaitu pemulihan dan kon Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA