FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 07-2018

    1113

    Kominfo: Tidak ada akun facebook Indonesia bocor

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan investigasi awal yang dilaporkan Facebook kepada pihaknya  dalam surat tidak terdapat akun dari Indonesia yang bocor terkait kasus Cambridge Analytica.

    "Investigasi awal tidak ada satupun yang namanya  dari  Indonesia  tersedot  Cambridge Analytica   ini,"   ujar   Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani di Jakarta, Selasa.

    Semuel mengatakan hasil investigasi awal tersebut senada dengan tidak adanya laporan masyarakat  yang  merasa  akunnya bocor kepada Polri.Dalam investigasi awal itu juga disebutkan dari laporan sebelumnya sebanyak 87 juta akun yang disalahgunakan datanya oleh Cambridge Analytica,ternyata hanya 30 juta dan hanya di AS.

    Semuel mengatakan berdasarkan investigasi awal juga ditemukan tidak ada pelanggaran pengamanan  data  yang  dilakukan facebook dan Cambridge Analytica tidak pernah sekalipun menembus pengamanan data  itu.Adapun  informasi yang dapat dibagikan tergantung pada pengaturan privasi masing-masing akun Facebook.

    "Tidak ada kebocoran, yang ada sesuai dengan perjanjian Facebook dengan Cambridge Analytica itu juga dibatasi bagaimana pengaturan privasi levelnya," kata Semuel.

    Untuk itu,dia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan mengatur privasi media sosial apabila tidak ingin informasinya dibagikan secara umum.

    Kominfo pun akan terus memantau perkembangan investigasi yang masih terus berjalan itu untuk mengetahui informasi selanjutnya.

    "Harapan pemerintah semua aplikasi mematuhi aturan Indonesia," kata dia.Sebelumnya,  dilaporkan  sebanyak  satu  juta akun Facebook dari Indonesia termasuk dalam 87 juta akun yang disalahgunakan oleh firma hukum  Cambridge  Analytica pada pemilihan presiden AS 2016.

    Sumber Berta : www.antaranews.com

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA