FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
09 07-2018

305

Apresiasi Peran ORARI, Pemerintah Terbitkan Prangko Peringatan 50 Tahun

Kategori Berita Kementerian | mth
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kedua kiri), Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail (kiri), Ketua Umu ORARI Abdin (Ketiga kanan) menunjukkan Sampul Hari Pertama (SHP), seusai ditandatangani di Gedung Nusantara III Lt. 2 Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/7/2018)

Jakarta, Kominfo - Pemerintah menerbitkan Prangko dan Sampul Hari Pertama (SHP) Peringatan 50 Tahun Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Upaya ini merupakan bentuk apresiasi atas peran ORARI untuk Bangsa Indonesia.

“ORARI masih ada dan saya memahami betul. Perkembangannya sangat dibutuhkan oleh bangsa ini. Kiprahnya luar biasa membantu kesulitan bangsa. ORARI menempatkan diri sebagai cadangan nasional di bidang komunikasi,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat memberi sambutan pada peringatan 50 tahun ORARI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (09/7/2018).

Menurut Ketua DPR, sejak berdirinya 50 tahun lalu, ORARI telah memberi alternatif informasi dan komunikasi yang berbeda bagi masyarakat di tengah serbuan teknologi komunikasi saat ini. "Tidak hanya itu, Orari juga menyajikan informasi yang lebih akurat di tengah begitu banyak informasi hoaks. Bahkan, ORARI menjadi alternatif komunikasi bagi masyarakat di ujung negeri yang kesulitan berlomunikasi lewat telepon seluler," katanya.

Bambang Soesatyo mengaku bangga melihat perkembangan Orari saat ini, apalagi dengan adanya satelit untuk menunjang operasional hasil kerja sama dengan LAPAN. "Satelit LAPAN A2 itu merupakan karya anak bangsa yang dapat berfungsi dengan baik di udara. Dengan begitu jangkauan siarannya akan lebih luas. Bisamempersatukan wilayah Indonesia. Di tapal batas, Orari mampu memunculkan sinyal frekuensinya di tengah klaim negara tetangga," ungkapnya.

Peringatan tahun emas ORARI tahun ini mengedepankan tema “From Indonesia to the world”.  “Tema tersebut menunjukkan bahwa di usianya yang ke 50 tahun, keberadaan dan kiprah ORARI semakin dikenal tidak saja secara nasional, melainkan juga secara internasional”, jelas Sekjen ORARI Susilo yang juga menjadi Ketua Panitia Peringatan 50 Tahun ORARI.

 

Dalam acara ulang tahun ORARI ke-50 itu, hadir Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail yang menyerahkan prangko dan SHP Peringatan 50 Tahun ORARI kepada Ketua DPR. Dalam acara ini yang kali pertama di Gedung DPR RI itu, Ketua DPR dinobatkan sebagai anggota kehormatan Orari sekaligus menandatangani perangko 50 tahun Orari. 

Berita Terkait

Turnamen Futsal Piala Bergilir Menkominfo Meriahkan Peringatan Hari Bhakti Postel ke-73

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama komunitas Pos Indonesia dan telekomunikasi menggelar Turnamen Futsal ke-11 memperebutkan pial Selengkapnya

Bakohumas Punya Peran Kembangkan Wilayah Perbatasan

Wilayah perbatasan merupakan daerah yang menjadi fokus kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Nawacita. Berbagai persoalan dan kete Selengkapnya

Sinergisitas Kominfo dan BBC Media Ciptakan Program Media Pembangunan Berkelanjutan

Peran media bukan sekadar sebagai wadah pemberi informasi ke publik. Media dinilai juga berfungsi untuk mengedukasi, memberdayakan, mencerah Selengkapnya

Apresiasi Grab, Menkominfo Ingatkan Pasar Terbesar Ada di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi Grab yang telah menambah valuasi pendanaan di Indonesia. Bahkan ia mengajak Grab Selengkapnya