FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 07-2018

    3071

    Pejabat Eselon I Paparkan Fokus Program Kerja Kominfo Tahun 2019

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Suasana Rapat Dengar Pendapat Kementerian Kominfo dengan Komisi I DPR RI untuk membahas penyampaian RKA/KL dan RKP/KL Kominfo Tahun Anggaran 2019 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (03/07/2018) kemarin. - (Agus Yudi H)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengagendakan sejumlah program prioritas pada Tahun 2019. Hal itu disampaikan oleh sejumlah pejabat eselon I Kementerian Kominfo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (03/07/2018) kemarin.

    "Fokus utamanya adalah meneruskan Palapa Ring, (penyediaan) akses internet. Untuk ekosistem meneruskan Program 1000 Startup Digital, UMKM Go-Online, Petani Go-Online, dan Government PR," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini.

    Menurut Sekjen Kominfo saat ini terjadi penurunan belanja pegawai yang berdampak pada alokasi anggaran untuk pegawa. "Karena beberapa pegawai kami sudah pensiun, dan saat ini pegawai kami berjumlah 3250 orang sehingga mungkin ada penambahan dari KemenPANRB," jelasnya. 

     

    Dari NextIcorn sampai Penanganan Konten Negatif 

    Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani  Pangerapan menyebut Program Next Indonesia Unicorn (Next-Icorn) menjadi unggulan. "Kegiatan pertama NextIcorn kami lakukan di Bali, ada investor asing dan lokal supaya mereka bisa berkembang dan menyerap tenaga kerja yang ada di Indonesia. Selanjutnya, perusahaan yang sudah terbentuk, mereka butuh injeksi dana, mereka butuh bantuan, di sinilah tantangannya. Ini yang kita bantu, kalau sudah besar, investor melihatnya. Jadi kita bantu dulu sampai sana," jelasnya.

    Mengenai Program 1000 Startup Digital, Dirjen Semuel menyebut Kementerian Kominfo berupaya mendorong kelahiran perusahaan rintisan di bidang teknologi yang baru. “Yang kami lakukan itu mendidik sebelum mereka membuka startup, ada mentor dari yang sudah berhasil, jadi benar-benar dari nol, nanti masuk inkubator," jelasnya. 

    Dirjen Aptika menjelaskan pula tentang Program UMKM Go Online yang bekerjasama dengan perusaahan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan bliblidotcom untuk mendorong UMKM menjual produknya secara online.  "Sehingga target tahun 2020 e-commerce kita akan dipenuhi produk UMKM kita,” tambahnya.

    Dalam waktu dekat, menurut Dirjen Semuel, Menkominfo akan mengeluarkan  aturan yang diamanatkan dalam UU Informasi dan Transaksi Elekronik untuk membuat mekanisme atau identitas digital atau sertifikat digital yang bisa diverifikasi.  

    "Kementerian Kominfo bekerja sama dengan kementerian lain untuk melakukan sosialisasi aplikasi, memperkenalkan dan mengajarkan cara menggunakannya, bukan membuat aplikasi tersebut," jelasnya. 

    Mengenai penanganan konten negatif, Dirjen Aptika menyebut penanganan melalui aplikasi sangat membantu untuk menemukan dan menindaklanjuti konten negatiif di internet. "Tahun lalu kita menginstall satu sistem untuk menindaklanjuti konten ilegal yang dilaporkan masyarakat, ini cukup membantu, kita menemukan banyak situs pornografi,” ungkapnya.

     

    Dukungan Asian Games 2018 dan IMF-World Bank Forum

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti menyebut ada empat kegiatan yang dilakukan dalam Program Government Public Relations, yaitu Sosialisasi Program Pemerintah, Literasi kepada masyarakat tentang Program Pemerintah, Kampanye Program, serta menyusun narasi untuk nation branding. 

    “Untuk sosialisasi dan literasi, Direktorat Jenderal IKP melakukan strategi seperti strategi through the line atau digitalisasi menyampaikan program-program prioritas pemerintah. Untuk kampanye isu strategis mendukung program e-commerce, penguatan nilai-nilai kebangsaan, dan informasi mengenai Pemilu,” katanya.

    Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli menyampaikan fokus pembangunan Ditjen PPI Tahun 2019. “Dengan KLHK kita membuat SMS Blast untuk early warning bencana dan kami sudah melakukan monitoring untuk jalan tol," jelasnya.

    Menjawab pertanyaan anggota Komisi I tentang penyediaan akses jaringan internet saat penyelengaaran Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta, Dirjen Ramli mengatakan Kementerian Kominfo sudah menyiapkan Combat BTS di lokasi event. 

    “Kami menyadari betul seluruh dunia terutama Asia tertuju kepada Indonesia jika internetnya baik itu bagus buat Indonesia. Kami tidak hanya mempersiapkan Asian Games, tetapi juga menyediakan peningkatan jaringan saat IMF World Bank, karena 35 ribu delegasi hadir. Kami memusatkan di Bali termasuk layanan 112 di seluruh Bali,” paparnya.

    Mengenai prioritas dalam pengelolaan sumberdaya penyelenggaran pos dan informatika, Dirjen SDPPI Ismail mengatakan Tahun 2019 Direktorat SDPPI tidak lagi berupaya meningkatkan sarana prasarana, namun mencoba mengoptimalkan yang sudah ada dengan meningkatkan SDM dengan memanfaatkan teknologi IT. 

    “Seharusnya SDPPI ini memiliki hak untuk memanfaatkan BHP 4% dari target, sekitar Rp 621 Miliar, tapi kita hanya manfaatkan Rp425 Miliar sehingga pada 2019 kita fungsinya efisien dan optimaliasi dari angggaran yang ada,” paparnya.

    Usai mendengar paparan mengenai fokus program Kementerian Kominfo, Komisi I DPR RI meminta Kementerian Kominfo melakukan evaluasi dan perbaikan terkait Program Kerja Tahun Anggaran 2019 sesuai masukan dari Raker Komisi I DPR RI Tanggal 03 Juli 2018. 

    "Untuk meningkatkan kinerja dengan menyelenggarakan program tepat guna dan tepat sasaran didukung dengan penggunaan anggaran yang efektif," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI  dari Fraksi Golkar Satya Widya Yudha. 

    Turut hadir pada tersebut antara lain Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, Ketua Dewan Pers Yosep Stanley, Komisioner KIP Gede Narayana, Hari Kartana dari Fraksi Partai Demokrat, Supiadin dari Fraksi NasDem, Junico dari Fraksi PDI_Perjuangan, Cucun S dari Fraksi PKB, dan perwakilan dari Fraksi Gerindra Asril Hamzah. (HM.YS/*)

    Suasana Rapat Anggara TA 2019 di Gd. Nusantara II

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo dan Wamenkominfo Tinjau Kantor SDPPI

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menyampaikan update pelaksanaan kebijakan dan program kepada Menteri Budi Arie dan Wamen Nezar Patria. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan, Kominfo Kembangkan DiGiKa

    Penggunaan DiGiKa sudah banyak membantu pengelolaan administrasi keuangan, namun terus disempurnakan sesuai dengan kebutuhan. Selengkapnya

    Tes Calon Karyawan Atas Nama PT Pertamina, Awas Hoaks!

    Bahkan, terdapat lampiran yang berisi daftar semua nama peserta yang mengikuti tes tersebut. Selengkapnya

    [Berita Foto] Puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2022

    Kompetisi itu dibuka dengan pendaftaran karya mulai 19 Agustus 2022 lalu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA