FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
26 06-2018

136

Sukseskan Pilkada Serentak, Presiden Tetapkan 27 Juni Jadi Hari Libur Nasional

Kategori Berita Pemerintahan | mth
Sejumlah petugas mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku di Ambon, Maluku, Senin (25/6). KPU Provisi Maluku telah menetapkan 1.151.915 pemilih yang tersebar di 3.385 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 11 kabupaten/kota. - (antarafoto)

Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo telah secara resmi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional. 

Keppres yang baru saja ditandatangani Presiden pada Senin (25/06/2018) siang, tersebut menjadikan tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

"Baru saja siang tadi saya tanda tangani untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya," ujar Presiden selepas peninjauan kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/06/2018) sore.

Untuk diketahui, Keppres tersebut diterbitkan dengan pertimbangan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Bahwa penetapan hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya," demikian tertulis dalam Keppres itu.

Dengan pertimbangan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang dilaksanakan secara serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan bahwa hari Rabu, tanggal 27 Juni 2018, yang merupakan hari pemungutan suara serentak sebagai hari libur nasional (tautan: Keppres Nomor 15 Tahun 2018).

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 Sebagai Hari Libur Nasional.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak,” bunyi diktum PERTAMA Keppres Nomor 15 Tahun 2018.

Dalam diktum KEDUA disebutkan, Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yaitu di Jakarta pada 25 Juni 2015 itu. 

Berita Terkait

Segera Luncurkan OSS, Presiden: Tidak Zamannya Lagi Urus Izin Berminggu-minggu

“Apa gunanya sistem online yang ada kalau mengurus izin masih lebih dari sebulan. Investor mana yang mau datang ke sebuah daerah kalau kea Selengkapnya

Mendagri Optimistis Pilkada Serentak 2018 Berlangsung Lancar

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melakukan pemantauan langsung pemungutan suara pemilihan kepala daerah serentak di Kota Semarang, Jawa Te Selengkapnya

Hari Ini Pilkada Serentak di 171 Daerah, Presiden: Pilih Pemimpin Terbaik

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hari Rabu (27/6) ini dilaksanakan serentak di 171 daerah pemilihan di tanah air. Para warga memilih 17 gub Selengkapnya

Pimpin Ratas, Presiden Ingin Pastikan Pertemuan IMF-World Bank di Bali Lancar

Menjelang pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) -World Bank Tahun 2018 pada bulan Oktober mendatang, Presiden Joko Widodo kemb Selengkapnya