FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 06-2018

    8580

    Bangun BTS Lebih Cepat, Sediakan Akses untuk Warga 3T

    Kategori Berita Kominfo | anni005

    Kominfo, Rote Ndao - Kepala Desa Helebeik Ori Zet Mbooh mengungkapkan bahwa daerahnya selama ini sangat sulit mendapatkan sinyal telekomunikasi. Ia bercerita bahwa untuk menghubungi seseorang via telepon membutuhkan usaha keras untuk mencari kawasan yang cukup tinggi dan terjangkau sinyal telekomunikasi.

    “Biasanya kita keluar atau kita cari tempat-tempat yang agak tinggian. Ada (tempat) tinggi tapi tempat-tempat tertentu saja yang ada jaringan,” ungkap Kepala Desa Helebeik Ori Zet Mbooh saat kunjungan kerja Menteri Kominfo Rudiantara ke desanya, Jumat (22/6/2018).

    Pengajuan pembangunan tower pemancar jaringan telekomunikasi ini cukup berjalan lancar. Menurut Kades Ori Zet Mbooh, ia sudah menginginkan pembangunan sejak tahun lalu namun baru terlaksana tahun ini. Melalui koordinasi yang intensif dengan pemerintah daerah setempat seperti Dinas Kominfo, akhirnya Desa Helebeik dapat berkomunikasi langsung dengan BAKTI Kominfo dalam kurun waktu seminggu saja untuk merancang pembangunan BTS ini.

    “Gak lama, cuma keinginan kami udah dari tahun tahun lalu tapi saat berkomunikasi dengan Kominfo kurang lebih satu minggu setelah itu kami siapkan tempat hibahnya langsung action,” respons Kades saat menceritakan kronologis kerjasama antara pemerintah setempat dengan Badan Layanan Usaha (BLU) milik Kementerian Kominfo itu.

    “Kami merasa bahwa ini suatu berkat dan rejeki bagi kami, kami mendapat sesuatu yang sangat membantu kami dari pemerintah ataupun masyarakat. Apalagi di wilayah kita ada makodim 1627 itu kebutuhan untuk berkomunikasi sebenarnya sangat tinggi jadi kami sangat bersyukur dan berterimakasih,” tuturnya.

     

    Kades Helebeik Rote Ndao

    Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (22/06/2018), Menteri Kominfo Rudiantara menekankan,  “Jangan pernah lelah membangun Indonesia, membangun Indonesia dari pinggiran sesuai dengan Nawacita nomor 3."

    Pernyataan itu dikemukakan Rudiantara setelah melihat kondisi perkembangan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi BTS dari BAKTI Kominfo. Dalam kunjungan di Desa Helebeik, Kecamatan Lobalai, Rote Ndao tersebut Menteri Rudiantara didampingin jajaran Pemda Rote Ndao dan PT Surya Energi Indotama.

     Kunjungan Kerja Menteri Kominfo Rudiantara di pulau paling selatannya Indonesia cukup padat. Salah satunya adalah peninjauan lokasi pembangunan BTS USO (Universal Service Obligation) yang rencananya bisa beroperasi pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini. Di depan para pemimpin daerah setempat, Chief Rudiantara pesankan semangat pembangunan merata akan terjadi di Indonesia, tinggal tunggu waktu saja.

    Mengakhiri perjalanannya yang sedari pagi sudah dilakukan itu, Menteri Kominfo Rudiantara juga mengamanatkan Bupati Rote Ndao Leonard Hening untuk meresmikan 5 tower BTS yang sedang dibangun tahun ini. Rencananya, sebelum hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018, BTS di Desa Helebeik ini dijadwalkan selesai.

    “Mudah-mudahan sebelum 17 Agustus semua sudah bisa beroperasi kami serahkan ke pak bupati untuk meresmikan lima lokasi di Rote Ndao ini salah satunya di Helebeik,” tambahnya.

    Strategisnya lokasi BTS ini antara lain karena adanya kantor Kodim yang sangat membutuhkan akses telekomunikasi untuk berkoordinasi dengan wilayah lain. Walaupun tower BTS di Desa Helebeik sudah berdiri tegak, masih ada yang perlu ditambahkan untuk beroperasi dengan lancar. 

    Kelengkapan itu seperti radio, operator dan shelter yang masih perlu disiapkan. Menteri Kominfo juga sempat menghimbau PT. SEI untuk menambahkan tempat khusus untuk menambah daya tahan baterai telepon seluler agar warga yang menjaga lahan hibah pendirian tower BTS ini bisa duduk nyaman menggunakan alat telekomunikasinya.

    “Pak, bisa ya PT. SEI tambahkan buat tempat charger di sini. Gampang kan ya itu? Tinggal tambahin dikit aja,” ucap Menkominfo Rudiantara sembari berkoordinasi lebih teknis kepada vendor yang membangun site BTS ini. Perlu diketahui, hingga tahun 2017 sudah ada 62 sites BTS yang terpasang dan aktif digunakan di Pulau Rote. (ABPP)

    Berita Terkait

    Tahun Depan, Indonesia Akan Luncurkan Tiga Satelit

    Menteri Johnny menyatakan ketiga satelit itu akan diluncurkan tahun depan. Selengkapnya

    Buka Pelatihan DLA, Kominfo Siapkan 300 Kursi untuk Jadi Pemimpin Digital

    Program Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) telah dibuka sejak 19 Agustus 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kes Selengkapnya

    SATRIA-I Wujud Komitmen Pemerintah Sediakan Akses Telekomunikasi Berkualitas

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, meletakkan batu pertama pembangunan Stasiun Bumi Proyek Satelit Multifungsi Satelit Selengkapnya

    Kolaborasi dengan Penerima Beasiswa, Kominfo Terapkan Inovasi untuk Kembangkan DTS

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun kolaborasi dengan penerima benerima beasiswa Program Beasiswa S2 Luar Negeri. Hasil inovasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA