FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 06-2018

    2410

    Akses Internet Majukan Sektor Pendidikan Wilayah Timur

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menkominfo Rudiantara melakukan dokumentasi video bersama siswa/i SMP 4 Rote Barat Laut yang sudah mendapatkan akses internet secara gratis dari BAKTI Kominfo, Jumat (22/6/2018) siang.

    Kominfo, Rote Ndao - Adrianus Johanis Ndun, S.Pd. mengungkap rasa syukur atas kehadiran akses internet di sekilah yang dipimpinnya. SMP 4 Rote Barat Laut, NTT, sudah bisa mengakses internet yang disediakan oleh Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) sebuah Badan Layanan Usaha (BLU) milik Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dulu bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

    Akses internet yang dipasang di tempatnya bekerja sehari-hari sejak tahun 2015 ini sangat membantu, terutama ketika Ujian Nasiional atau pengiriman laporan. Walaupun efek dari ekstrimnya cuaca di pulau paling selatan Indonesia ini rentan merusak alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet, hal tersebut masih disyukurinya karena banyaknya kemajuan yang dirasakan semenjak kehadiran akses internet dari BAKTI Kominfo bersama Iforte.

    “Manfaatnya terlalu banyak, mulai dari laporan online kemudian sekarang juga daftar hadir juga. Sekarang sangat berjalan lancar dan tidak pernah terlambat. Memang tahun 2015 agak lelet tapi sekarang tidak lagi, sudah bagus sekali” kata Kepala Sekolah Adrianus Johanis yang sangat mengapresiasi usaha dari pemerintah pusat melalui BAKTI Kominfo di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Jumat (22/6/2018).

    Meski sinyal internet sangat lancar, sekolah ini masih membutuhkan bantuan berupa peralatan untuk mengakses internet seperti komputer dan laptop. Targetnya, tahun 2019 depan SMP 4 Rote Barat Laut bisa mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan kecepatan akses internet yang sudah dimilikinya sejak tahun 2015.  

    “Sinyalnya sudah ada tapi peralatan seperti laptop komputer masih kurang. Jadi harapannya, kalau ada bantuan, kita bisa melakukan ujian berbasis komputer. Kita berjanji tahun depan pengadaan alat atau minta bantuan dengan proposal agar tahun depan kami bisa melakukan UNBK,” harap Kepala Sekolah SMP 4 Rote Barat Laut yang sudah mendapatkan akses internet di sekolahnya sebesar 2MBps sejak tahun 2015.

    Kebijakan keberpihakan Kementerian Kominfo itu ditempuh untuk mengatasi kesenjangan akses internet yang dirasakan penduduk wilayah Indonesia Bagian Timur dibanding dengan penduduk di wilayah Jawa dan lainnya yang kecepatannya lebih tinggi. Kebijakan ini selaras dengan visi Pemerintah Nawacita nomer tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran yang juga telah menjadi salah satu Program Prioritas Kementerian Kominfo.

    Kementerian Kominfo membangun akses internet untuk mendukung sektor pendidikan di wilayah timur Indonesia. Sebanyak 2700 titik akses internet saat ini sudah difokuskan untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sendiri saat ini sudah terdapat 265 titik akses internet. Titik-titik akses internet di NTT ini masuk ke dalamwilayah non komersil atau 3T (Tertinggal, Terpinggir, Terluar). 

     

    Pesan Menkominfo untuk Anak-anak Rote Ndao

    Disambut dengan pemakaian Tiilangga, Topi Khas Pulau Rote Ndao ini serta Tarian Selamat Datang, Menteri Kominfo Rudiantara antusias menyapa puluhan siswa/i SMP 4 Rote Barat Laut dan para gurunya pada Jumat (22/6/2018) siang.

    Menteri yang memiliki sapaan akrab Chief RA menjelaskan apa yang tengah dilakukan jajaran Kementerian Kominfo di Pulau Rote yang berjarak tempuh 30 menit melalui pesawat udara dari Ibukota Nusa Tenggara Timur. Sebelum mencetak jejak kaki sebagai tanda kehadirannya di sekolah tersebut, ia meninjau langsung ruangan yang dipakai untuk memanfaatkan akses internet yang sudah diberikan sejak tahun 2015.

    Sebelum bergegas untuk Shalat Jumat, Menteri Rudiantara sempat berpesan secara langsung dengan belasan siswa yang masuk dalam satu frame video dokumentasi kegiatannya di Pulau Rote. Ia meminta agar anak-anak Indonesia khususnya generasi muda di Pulau Rote untuk memanfaatkan akses internet ini untuk kegiatan yang positif saja melalui media sosial.

    Menteri Kominfo juga menyampaikan di masa mendatang untuk melamar pekerjaan kemungkinan akan dimintakan akun media sosialnya untuk dilihat rekam jejak digital. Bahkan ia juga menyerukan dan menyemangati anak-anak yang bisa dikatakan akan menghadapi bonus demografi tahun 2030 mendatang. “Boleh pakai media sosial tapi kalau posting, posting yang positif ya. Ayo maju anak-anak Indonesia! Maju siswa Indonesia! Maju Rote Ndao!” tandasnya

    Sejumlah siswa SMP 4 Rote Barat Laut menyambut antusias. Mereka mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Kominfo yang sudah menyempatkan diri hadir di tengah lapangan upacara untuk menyapa mereka. "Terima kasih untuk BAKTI Kominfo yang sudah memberikan akses internet secara gratis di tempat belajar setiap hari," ungkap mereka. (ABPP)

     

     

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kontrol Penyakit, WHO Lakukan Pengawasan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, informasi yang beredar tersebut merupakan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Dialog Interaktif Merawat Wajah Beranda Lewat Penyiaran Berkualitas

    Penyelenggaraan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dapat menambah semangat dan motivasi untuk meng Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA