FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 06-2018

    1799

    Dirjen IKP: Tenda Publik Kominfo Berikan Layanan Informasi untuk Pemudik

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Banten, Kominfo - Program “Mudik Guyub Rukun, Aman dan Nyaman” terselenggara secara baik berkat sinergi dan kerjasama yang baik antarkementerian, lembaga negara, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

    Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti dalam Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema "Puncak Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman" di Kantor ASDP Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (12/6/2018).

    Dirjen IKP Kemkominfo menjelaskan, untuk acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9) kali ini, tidak seperti biasanya dilaksanakan di Kantor Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. 

    FMB9 terkait Arus Mudik Tahun 2018 kali ini diselenggarakan langsung di lokasi para pemudik, yakni di Kantor ASDP Pelabuhan Merak, Banten. “FMB 9 merupakan forum pers briefing yang diselenggarakan oleh Kemkominfo secara rutin setiap satu minggu sekali dengan mengangkat tema yang sedang update,” jelas Niken. 

    Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini, menurut Dirjen IKP, sejumlah kementerian dan lembaga negara serta BUMN bersinergi bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melakukan mudik.

    “Pemerintah serius memberikan sarana dan prasarana terbaik selama masa arus mudik dan arus balik selama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh Kementerian dan Lembaga Negara memberikan pelayanan sesuai dengan tupoksi masing-masing,” jelas Niken. 

    Salah satunya, Dirjen IKP menjelaskan, seperti mengendalikan harga-harga sembako hinga relatif terkendali. Selanjutnya, sarana transportasi betul-betul dilakukan pengaturan dengan baik sehingga bisa terselenggara dengan lancar, aman dan nyaman.

    “Tak dapat disangkal, dengan adanya sarana yang terus meningkat, seperti jalan tol dan lainnya, membuat para pemudik bisa nyaman dan aman saat melakukan arus mudik maupun arus balik,” ujar Niken.

    Berkaitan dengan  keamanan, Dirjen IKP mengungkapkan, menurut data pihak Kepolisian, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) turun hinga 50 persen. Sedangkan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan mudik gratis dan memberikan fasilitas kepada para pemudik sepeda motor. 

    “Para pemudik sepeda motor diantarkan langsung ke wilayah masing-masing, bekerjasama dengan kementerian BUMN dan instansi lainnya dengan memberikan sarana bus dan pengangkutan sepeda motor para pemudik,” papar Niken. 

    Dengan adanya failitas yang ditingkatkan seperti itu, Dirjen IKP menjelaskan, tahun 2018 ini, jumlah pengendara sepeda motor turun hingga 12 persen. Sedangkan pengguna transportasi udara meningkat 9 persen. 

    “Ini artinya pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat. Karena yang dulunya para pemudik banyak yang menggunakan jalur darat dan laut, untuk tahun ini banyak para pemudik yang menggunakan pesawat udara sehingga data pemudik pengguna jalur udara lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” ulas Niken.

    Sementara, dalam program Mudik Guyub dan Rukun, pihak Kementerian Kominfo membuka tenda publik yang tersebar di sembilan kota di Indonesia. Salah satunya termasuk di Merak, Banten. 

    “Tenda Publik Kemkominfo memberikan layanan informasi untuk masyarakat pemudik terkait layanan mudik dan arus balik hingga informasi seputar penyelenggaraan Asian Games. Kominfo juga menyiapkan Ayo Mmudik yang bisa diakses oleh masyarakat di ayomudik.go.id,” pungkas Niken.

    Turut hadir sebagai narasumber FMB9 kali ini antara lain Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dharmawan Prasodjo, Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo, Karo Ops polda Banten Kombes Pol Hermansyah, GM Marketing Operation Region III Pertamina Erry Widiastono, dan Direktur Utama Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ira Puspadewi.

    Berita Terkait

    Dewan Pers: Perpres Publisher Rights Untungkan Semua Pihak

    Perpres “Publisher Rights” justru akan menguntungkan semua pihak, baik media besar maupun media kecil. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA