FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 06-2018

    1569

    Berharap Dampak Signifikan IMF-WB 2018 bagi Ekonomi Nasional

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menyatakan Pemerintah berharap Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018 memiliki dampak signifikan bagi ekonomi dunia yang menguntungkan Indonesia dan hemat anggaran.

    “Ada dua perihal diadakannya IMF-WB, yang pertama harapannya dapat melahirkan output yang strategis mengenai perekonomian dunia yang akan menguntungkan bagi Indonesia, dan yang kedua Indonesia akan menghemat anggaran agar tidak terlalu wah. Justru kami akan membuat output yang lebih wah,” katanya dalam konferensi pers setelah memimpin Rapat Koordinasi Panitia Nasional Penyelenggara di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (04/06/2018).

    Menurut Menteri Luhut, persiapan event internasional yang berlangsung di Bali pada tanggal 8-14 Oktober 2018 akan datang itu berjalan dengan baik.

    "Pencapaian progress berkisar 77 persen sudah berjalan, sampai saat ini tidak ada hambatan yang begitu berarti, semua bidang-bidang terkait berjalan dengan baik,” ujar Menko Luhut yang menjadi Ketua Panitia Nasional AM IMF-WB 2018.

    Menko Luhut menjelaskan Meeting Team Secretariat (MTS) IMF-WB melakukan pemeriksaan terkait dengan pelaksanaan IMF-WB 2018 pada kurun bulan Juli hingga Agustus. Persiapan yang sudah didiskusikan seperti keamanan, visa, beacukai, kesehatan, digital ekonomi, sampai dengan perihal pariwisata.

    Menko Luhut juga menerangkan mengenai koordinasi masalah keamanan dengan pihak Polri, terutama dengan pihak Kapolda Bali selaku tuan rumah.

    “Saya sudah bicara dengan Kapolda Bali untuk dapat menguasai keamanan. Dengan adanya undang-undang anti terorisme sudah bagus, dan menurut saya polisi sudah paten. Sehingga kita dapat melakukan tindakan lebih awal. Saya kira ini sudah sangat baik,” katanya.

    Mengenai transportasi Menko Luhut menyatakan seluruh penerbangan tidak ada masalah. Dikarenakan, Garuda Indonesia sudah berkomitmen untuk menambah kapasitas kursi dan juga jadwal penerbangan.

    “Garuda sudah menambah jadwal penerbangan, memang kemarin ada sedikit komunikasi yang kurang bagus, namun kita semua sudah sepakat untuk kepentingan nasional,” terangnya.

    Menko Luhut juga menjelaskan persiapan ASEAN Leader Gathering yang masih sesuai dengan jadwal pelaksanaan. "ASEAN Leader Gathering diatur oleh Menteri Luar Negeri, dan beberapa Negara sudah mengkonfirmasikan akan hadir pada acara tersebut," tambahnya.

    Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan dalam forum IMF-WB ini akan dibahas mengenai isu-isu terkait pembangunan global. Kemudian meningkatkan investasi di negara-negara anggota, pengelolaan urbanisasi, kemajuan teknologi untuk pembangunan, pembiayaan asuransi dan lainnya.

    “Pertemuan ini nantinya akan membahas tentang tantangan perekonomian global agar tetap kondusif. Oleh karna IMF-WB dihadapkan pada situasi ekonomi global yang mengalami perubahan yang cukup besar,” jelasnya.

    Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan event ini dapat bermanfaat untuk Indonesia dan juga dunia. Untuk hal yang terkait dengan isu-isu IMF-WB diharapkan Indonesia dapat mengatur isu moneter, sehingga bisa mengawal transisi perekonomian dunia.

    “Yang kita usung dalam IMF-WB, Indonesia dapat menunjukan suatu peran yang signifikan bagi perekonomian utamanya perekonomian global,” katanya.

    Rapat Koordinasi kali ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala BKPM Thomas Lembong, Pemda Bali dan perwakilan K/L terkait lainnya. Sebagai tindak lanjut akan dilakukan Rapat Koordinasi lanjutan, direncanakan berlangsung pada bulan Juli 2018.

    Sumber: Biro Informasi dan Hukum Kemenko Bidang Kemaritiman

    Berita Terkait

    Pos Indonesia Bagikan Subsidi Ekonomi Nasional ? Itu Hoaks!

    Ternyata klaim PT Pos Indonesia bagikan subsidi ekonomi nasional Rp2 juta tidak benar. Selengkapnya

    Migrasi TV Digital Dorong Layanan Internet dan Ekonomi Makin Terpadu

    Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang menyatakan migrasi siaran analog ke digital memberikan banyak manfaat b Selengkapnya

    Menkominfo: Jaringan 4G Tetap Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan jaringan 4G dan 4G Long Term Evolution (LTE) tetap akan menjadi tulang punggun Selengkapnya

    Imbau DWP Kominfo Sukseskan Vaksinasi Nasional Covid-19

    Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Komunikasi dan Informatika Maria Anna Johnny Gerard Plate mengimbau anggota DWP ikut menyukses Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA