FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 05-2018

    1721

    Siapkan Wakil Indonesia dalam AICTA 2018, Kominfo Gelar Id.UP

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan menjelaskan tentang Seleksi Nasional Indonesia UP 2018 di Ruang Serbaguna, Kementerian Kominfo, Jakarta Kamis (24/05/2018). - (Biro Humas)

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan meluncurkan Seleksi Nasional Indonesia UP 2018. Kegiatan itu ditujukan menyaring produk dan inisiatif teknologi informasi dan komunikasi yang akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang ASEAN ICT Award (AICTA) 2018.

    “Melalui peluncuran IndonesiaUP 2018 dan website idup.hub.id diharapkan dapat mendorong minat peserta untuk mengembangkan aplikasi berskala internasional. Pada akhirnya dapat mengambil peran sebagai agen pendorong pencapaian visi Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara,” katamya dalam Konferensi Pers Seleksi Nasional Indonesia UP 2018di Ruang Serbaguna, Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (24/05/2018).

    Dirjen Aptika menyatakan saat ini sebagai era ekonomi digital, oleh karena itu semua pihak harus membantu mencari talenta berbakat yang memiliki solusi kreatif dan mandiri dalam menghadapi tantangan ekonomi digital. 

    "Kami di Kominfo untuk sektor usaha kita lakukan banyak, mendidik anak-anak muda membuat startup digital, ada program namanya 1000 Startup Digital. Kemudian ada NextICorn yang mengenalkan para startup di barisan middle dengan calon investor agar bisa menjadi unicorn," katanya.

    Dirjen Semuel juga mengapresiasi banyaknya inisiatif di sektor digital yang digagas anak muda. “Saya bangga dengan semagat kebangkitan intelektual muda kreatif yang berkolaborasi membangun masa depan Indonesia. Dengan mengkolaborasikan dari tekno, art, dan bisnis. Kita adalah Indonesia. Kita adalah insan yang bersemangat untuk berkarya, tanpa mengenal lelah apalagi kalah," katanya. 

    Oleh karena itu, Dirjen Aptika mengajak anak muda Indonesia untuk menunjukkan karyanya dalam seleksi nasional ini. "Mari kita tunjukkan Indonesia lewat Karya! Sudah pasti harimu tidak akan sama lagi pada saat kamu fokus untuk menciptakan Karya. Pikirkan pada saat Karyamu akan dilihat dunia. Rasakan pada saat Karyamu didukung penuh oleh Indonesia. Ciptakan Karya hari ini juga. Karena Dunia akan mengenal Indonesia lebih baik melalui Karyamu,” ajaknya.

    Seleksi Nasional ini merupakan upaya Kementerian Kominfo untuk mempersiapkan wakil Indonesia yang akan berkompetisi dalam AICTA 2018 pada Desember 2018 nanti. Apalagi tahun ini AICTA 2018 akan berlangsung di Indonesia, sehingga membutuhkan lebih banyak karya TIK berkualitas dalam ajang program prestisius yang digagas menteri  telekomunikasi negara-negara angggota ASEAN. 

    Tahun 2017 lalu, wakil Indonesia Cimol Hoax Analyser memenangkan penghargaan di kategori Research and Development dalam ajang AICTA. Sementara di Tahun 2016, Cubeacon menang di kategori Private Sectors. Sebelumnya, pada masa awal AICTA Tahun 2012, perusahaan Tiket.com pernah ikut dan memenangkan kategori Startup Company.


    Berita Terkait

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Harapkan Kerja Profesional, Kominfo Lantik dan Ambil Sumpah 207 PPPK

    PPPK harus bekerja secara profesional, proporsional, perfeksionis sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA