FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
14 05-2018

444

Siapkan Modul Latih ASN Kemas Informasi Inovatif

Kategori Berita Kementerian | Diani Hutabarat

Depok, Kominfo – Kemajuan teknologi dan media komunikasi telah banyak mengubah teknik penyajian dan penyebaran informasi. Apalagi saat ini hampir semua informasi dapat diakses secara real time dan interaktif melalui website maupun media sosial. Oleh karena itu Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan modul pelatihan untuk kebutuhan itu.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Komunikasi Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Gati Gayatri, kondisi itu membutuhkan penyiapan Aparatur Sipil Negara yang terampil dalam pembuatan konten informasi digital guna memastikan penyajian dan penyebaran informasi berlangsung inovatif.

“Kegiatan ini dianggap penting karena sebagai aparatur pemerintah harus menyediakan menyediakan atau menyajikan informasi yang diperlukan  dengan terobosan dan inovasi agar masyarakat dapat lebih mudah dalam memahami dan engaged dengan informasi,” katanya  dalam pembukaan Workshop Penyusunan Modul Pelatihan Multimedia, Desain Grafis, dan Infografis Berbasis SKKNI Bagi Aparatur Sipil Negara di Depok, Jawa Barat, Senin (14/05/2018).

Menurut Kapusbanglitprof Komunikasi Gati Gayatri kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo melaksanakan tanggung jawab sebagai instansi teknis Pembina Sektor Komunikasi dan Informatika. “Sekaligus sebagai perwujudan pelaksanaan tugas pengembangan profesi sumberdaya manusia bidang komunikasi,” jelasnya.

Apalagi, di era keterbukaan informasi publik diperlukan aparatur pemerintah yang kompeten dan profesional serta mampu mengolah dan menyajikan konten/informasi secara interaktif  dan menarik sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat.

Kegiatan yang melibatkan  20 (dua puluh) peserta dari lembaga pendidikan dan pelatihan, lembaga sertifikasi orofesi, dan instansi pemerintah dalam bidang terkait ini akan berlangsung hingga hari Rabu (16/05/2018).

Modul yang dihasilkan dalam workshop ditargetkan menjadi acuan, standar, dan rumusan terkait standar kompetensi bagi ASN dalam mengelola dan menyajikan informasi agar lebih efektif, efisien, dan masif.

Hadir sebagai narasumber antara lain Reni Suzana (Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan, Lembaga Administrasi Negara) dan  Bergianta Sinulingga (Direktorat Bina Instruktur dan Tenaga Kepelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan). (ddh)

 

 

Berita Terkait

Sinergikan Program, Kominfo Gelar Rakernis Layanan Informasi Publik

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar sinergi program untuk meningkatkan kual Selengkapnya

Ciptakan Keadilan Akses Internet, Kominfo Bangun Infrastruktur Broadband

Ketimpangan akses jaringan internet antara wilayah kota besar, seperti Jakarta, dan daerah yang telah lama terjadi, menjadi alasan Kementeri Selengkapnya

Born to Protect, Siapkan Gladiator Dunia Siber Indonesia

Kebutuhan sumberdaya manusia yang mumpuni dalam menangani serangan siber mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika menjaring bakat ge Selengkapnya

Hadapi Pergeseran Arus Informasi, PPID Perlu Revitalisasi

Kebutuhan masyarakat atas informasi publik saat ini mengalami pergeseran. Jika pada awal pengesahan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentan Selengkapnya