FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
13 05-2018

570

Imbauan Menkominfo Agar Tak Sebar Konten Negatif Aksi Terorisme

SIARAN PERS NO. 109/HM/KOMINFO/05/2018
Kategori Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 109/HM/KOMINFO/05/2018
TANGGAL 13 MEI 2018
TENTANG
IMBAUAN MENKOMINFO AGAR TAK SEBAR KONTEN NEGATIF AKSI TERORISME 

Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau seluruh masyarakat tidak menyebarluaskan konten negatif yang berkaitan dengan aksi terorisme.  Menteri Kominfo Rudiantara usai menghadiri kegiatan Car Free Day dalam rangkaian Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Pelataran Parkir Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (13/05/2018) mengimbau masyarakat agar:

1. Tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto, gambar, atau video korban aksi terorisme di media apapun.

2. Memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi terorisme, yaitu membuat ketakutan di masyarakat. 

Selanjutnya Menteri Rudiantara juga menegaskan untuk terus bekerjasama dan mendukung Kepolisian dalam penanganan terorisme. “Kementerian Kominfo bekerjasama dan mendukung POLRI. Berikan ruang kepada POLRI karena kami yakin akan kemampuan POLRI", tegas Rudiantara.

Menkominfo meminta agar setiap orang tidak lagi menyebarluaskan gambar dan foto yang tak layak buat anak-anak. "Terorisme, jangan takut. Jangan buat anak-anak kita takut nantinya, karena itu yang diinginkan oleh yang membuat teror. Bangsa kita bukan bangsa penakut,"  katanya. 

Tak hanya itu, jika ada konten yang tak layak, Rudiantara mengajak setiap orang untuk melakukan komplain ke penyedia platform agar segera menurunkan konten tak layak itu. "Kalau perlu kita sama sama komplain ke penyelenggaranya. Kita file complaint kepada platform, apakah itu Facebook, Twitter, IG, Youtube dan sebagainya. Kita minta kontennya kita turunkan, untuk Indonesia yang lebih baik. Itulah kebangkitan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Peledakan bom di tiga tempat ibadah di Surabaya telah membuat para netizen kompak berseru untuk #BersatuLawanTeroris. Hingga siang ini, tagar #BersatuLawanTeroris bertengger di Top 3 Trending Topic setelah Surabaya dan #KamiTidakTakutTeroris.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan keprihatinan dan duka sedalam-dalamnya kepada segenap korban dan keluarganya.

Kementerian Kominfo sangat mengutuk setiap tindakan kekerasan yang dilakukan teroris dan menyerukan kepada masyarakat luas agar tetap tenang, berhati-hati serta tetap meningkatkan kewaspadaan.

Noor Iza
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024

Berita Terkait

Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Konsultasi Publik RPM Optimalisasi Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio

Memperhatikan ketentuan Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit dalam Selengkapnya

Siaran Pers No. 234/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Peredaran Video Kerusuhan Suporter Sepak Bola

Sehubungan dengan beredarnya video yang menampilkan suasana kerusuhan antara sekelompok Supporter Persib terhadap seorang Supporter Persija Selengkapnya

Siaran Pers No. 233/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Nasionalisme dan Generasi Muda Jadi Kekuatan Ekonomi Digital Indonesia

Generasi muda Indonesia saat ini oleh negara lain telah dianggap sebagai kelompok milenial yang berkualitas, khususnya dalam pemanfaatan kem Selengkapnya

Siaran Pers No. 232/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Populerkan Bahasa Isyarat, Kominfo Wajibkan Siaran Berita Gunakan Bisindo

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung penuh upaya untuk memopulerkan penggunaan bahasa isyarat di Indonesia. Salah satu kebijaka Selengkapnya