FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2018

    1091

    Duduk Satu Panggung, Empat CEO Unicorn Buka Gerbang Indonesia Digital Paradise

    Kategori nexticorn | mth

    Nusa Dua, Kominfo -- Empat Unicorn Indonesia pertama kalinya duduk satu panggung. Mereka menjadi pembuka gerbang Indonesia Digital Paradise, ekosistem yang memungkinkan investor global dan nasional mengembangkan ekonomi digital di Indonesia serta perusahaan teknologi rintisan (startup) tumbuh dan berkembang dengan kemudahan regulasi dan kepastian pendanaan.

    CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengajak investor memahami dan memanfaatkan potensi ekonomi digital di Indonesia. Tak hanya itu, dalam sesi Lane of Fame of Unicorn Indonesia pada ajang 1st NextICorn International Summit, di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (09/05/2018), mereka berbagi pengalaman untuk menjadikan startup menjadi unicorn.

    Dalam sesi yang dimoderatori langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara itu, keempat pemimpin unicorn mengupas tantangan dan peluang yang mereka hadapi ketika membangun start-up hingga berhasil mencapai status unicorn. William Tanuwidjaya menegaskan sebagai negara kepulauan, akan sulit bagi pemerintah untuk membangun infrastruktur merata ke seluruh daerah di Indonesia. “Jadi saya rasa teknologi adalah jawaban untuk e-commerce. Bagaimana teknologi dapat menjadi enabler dalam mendemokratiskan proses di negara kepulauan seperti Indonesia,” tandasnya mengupas peluang perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

    Sementara Achmad Zaky menekankan pentingnya peran teknologi dalam membuka akses bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk masuk. “8 tahun yang lalu sebelum ada Bukalapak atau bahkan Tokopedia, sangat sulit bagi UMKM untuk masuk ke pasar yang lebih luas. Untuk masuk ke pasar mereka harus punya properti, harus menghabiskan waktu menjalankan tokonya. Tapi dengan teknologi, semua bisa punya akses. Teknologi menjembatani “the big guy”kepada “the small guy”. Kami yakin UMKM akan semakin tumbuh,” jelas Zaky.

    Guna memaksimalkan ekonomi digital di Indonesia, dalam pandangan William Tanuwidjaya, hal yang terpenting adalah mengakselerasi skill orang Indonesia. “Sadari persaingan global, akselerasi skill yang dimiliki oleh orang Indonesia. Kalau zaman kami membangun perusahaan teknologi, tidak ada eventseperti ini. Dulu pasif, sekarang bisa menciptakan program ini, mengundang role model, investor juga,” jelasnya.

    Hal ini senada dengan Ferry Unardi yang menjelaskan bahwa isu minimnya talenta di perusahaan dapat diatasi dengan mengajak kerja sama para mahasiswa yang baru saja lulus. “Isu talent di-adress dengan mengajak kerja sama para fresh graduate, banyak orang cerdas di Indonesia,” jelasnya.

    Dalam kesempatan yang sama Nadiem Makarim berbagi dengan para start-up bahwa awal mulanya membangun Go-Jek diawali dari rasa frustasi akan kondisi di sekitarnya. “Saya nggak pernah punya mimpi spesifik untuk punya start-up. Yang saya punya adalah rasa frustasi akan hal-hal yang tidak dijalankan dengan baik, akan kondisi yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan untuk lebih baik lagi,” jelas Nadiem.

    Dengan mengusung tema "Voyage to Indonesia as Digital Paradise", kegiatan the 1st Nexticorn International Summit telah menghadirkan 98 investor dari 67 perusahaan pemodal ventura. Forum itu menargetkan untuk memfasilitasi pertemuan antara para investor dan startup potensial dari Indonesia. Pada hari pertama saja telah membukukan lebih dari 2000 pertemuan yang telah dijadwalkan. Dengan adanya pertemuan diharapkan membuka peluang pendanaan dan pada gilirannya akan memunculkan unicorn baru di Indonesia. (VY)

    Berita Terkait

    Menkominfo, Kepala BKPM, 4 Unicorn dan Startup Nexticorn Akan Mendeklarasikan “Indonesia As A Digital Paradise” kepada 67 Perusahaan Modal Ventura

    Hari ini, Rabu (09/05/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Selengkapnya

    1st NextICorn International Summit, Pertama Kali Empat CEO Unicorn Indonesia dalam Satu Panggung

    Selengkapnya

    Percepat Kelahiran Unicorn, Pemerintah Kampanyekan Digital Paradise

    Sejumlah perusahaan rintisan (start-up) digital Indonesia akan diperkenalkan dalam The 1st NextICorn International Summit pada tanggal 09 s. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA