FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 05-2018

    775

    Berharap Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Tuntas Tahun 2020

    Kategori nexticorn | mth

    Badung, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menginginkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat diselesaikan sebelum tahun 2020. Selain itu, ia berharap The Next Unicorn Indonesia atau NextICorn dapat menemukan talent yang diinkubasi melalui Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini.

    “Saya akan senang apabila the Next Unicorn Indonesia datang dari Program 1000 Startup ini,” ungkapnya saat membuka Rapat Kerja Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di KE{M}BALI Innovation Hub, Seminyak, Kuta, Badung, Bali, Kamis (1/3/2018).

    Ia pun kembali menekankan dalam memulai perusahaan rintisan bidang digital saat ini tidak perlu izin lagi, cukup daftar secara online saja. Kemudahan ini bertujuan agar anak muda Indonesia bisa berkreasi dan terus berinovasi dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.

    “Startup kan success rate tidak sampai 5%, belum usaha sudah minta izin, kan belum tentu berhasil, jadi Kominfo sudah menerapkan light touch regulation, tidak memperketat dan mempermudah hanya cukup daftar online dan registrasi,” jelasnya.

    Menteri Kominfo optimistis dengan dibukanya salah satu co-working space di Pulau Bali dapat memberikan nilai tambah bagi program ini dengan pengembangan ekosistem startup digital terutama di Bali. Ia berharap ruang kerja bersama ini dapat menciptakan ekosistem bidang digital agar saling berkolaborasi.

    Gerakan 1000 Startup dilakukan bukan dari pemerintah saja melainkan ekosistem bidang digital juga seperti Kibar dan lainnya. Saat ini sudah ada lebih dari 32.000 peserta yang mendaftarkan diri di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang telah berlangsung di 10 kota di Indonesia. Sejumlah 6500 orang pun sudah mengikuti pembinaan di semua kota.

    Total perusahaan rintisan yang sudah melalui proses inkubasi sekitar 123 startup. Tahun ini, program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan menyasarkan langsung kepada lima sektor utama yang memiliki peluang inovasi lebih besar seperti Agrikultur, Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan Logistik.

    Rapat Kerja Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2018 digelar untuk menyamakan sasaran Gerakan Nasional 1000 Startup. Dimulai dari ekspektasi yang ingin dicapai pada tahun ini, hingga harapan ekosistem digital kepada pemerintah. Sebaliknya, ekspektasi dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo bagaimana agar program 1000 startup dapat selaras dengan program prioritas yang ada di Kementerian Kominfo seperti Literasi Digital, 100 Smart City, Digitalisasi Sektor Strategis dan lainnya. Hadir menjadi peserta rapat kerja ini adalah perwakilan Kementerian Kominfo bersama partner lokal dari 10 kota di Indonesia.

    Berita Terkait

    SOROTAN MEDIA