FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 05-2018

    1663

    Penyelenggara Asian Games Antisipasi Serangan Siber

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Foto udara kompleks olahraga Arcamanik, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/4/2018). Sport Jabar Arcamanik akan menjadi pusat pengendalian Asian Games 2018 bagi Cabang Olahraga yang digelar di Jawa Barat. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) mengantisipasi serangan siber saat penyelenggaraan Asian Games, setelah Indonesia dinyatakan sebagai satu dari 10 negara yang rawan serangan siber dunia.

    Demikian disampaikan Ketua Inasgoc Erick Thohir di Jakarta, Kamis (3/5/2018)."Kami tidak ingin ada kejadian upacara pembukaan terlambat sampai satu jam sebagaimana terjadi pada pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan," katanya. 

    Inasgoc, lanjut Erick, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Kepolisian RI dan TNI, mencegah serangan siber terhadap penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

    "Kami akan dibantu tim dari Kominfo yang berjumlah 30 orang berikut para ahli sibernya. Badan siber juga akan membentuk tim bayangan yang bukan berada di bawah tim kami," kata Erick.

    Meskipun Inasgoc sudah mempunyai pusat kendali operasi yang bertugas mengawasi seluruh jaringan terkait penyelenggaraan Asian Games, Erick mengaku masih butuh dukungan dari lembaga-lembaga dan kementerian untuk mencegah serangan siber itu.

    "Misalnya, serangan terhadap sistem tiket, seperti terjadi saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin. Akreditasi wartawan juga terganggu dan itu pada seribu orang," kata Erick.

    Sebelumnya, Direktur IT dan Telekomunikasi Inasgoc Edy Prabowo mengklaim telah menyiapkan sistem cadangan jika ada serangan terhadap pusat kendali operasi mereka.

    Edy mengatakan pusat kendali operasi Inasgoc akan mengeluarkan sinyal jika terdapat serangan siber terhadap jaringan Internet mereka. "Kami sudah menggelar audit teknologi informasi dari Dewan Olimpiade Asia," kata Edy, pada Maret 2018.

    sumber: jpp.go.id

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Besok, Kominfo Gelar Sosialisasi KUHP di Semarang

    Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi publik secara luring dengan menghadirkan sekitar 250 peserta. Selengkapnya

    Sejarah Candi Prambanan Refleksikan Semangat Pulih Bersama

    Proses pemugaran Candi Prambanan yang dilakukan terus menerus dapat menjadi contoh semangat Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Selengkapnya

    Jaga Pengendalian Pandemi, Pemerintah Perpanjang PPKM

    PPKM tetap akan diperpanjang selama 2 minggu ke depan, untuk terus menjaga dan mengendalikan kasus Covid-19. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA