FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2018

    2511

    Gaet Investor Asia, Menkominfo Umumkan Inaugural Nexticorn International Summit

    SIARAN PERS NO.97/HM/KOMINFO/04/2018
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan rangkaian kegiatan Nexticorn yang akan dimulai Bulan Mei 2018 ini hingga akhir tahun saat memberikan sambutannya dalam acara 7th Annual Indonesia Forum AVCJ (Asia Venture Capital Journal) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

     

    Siaran Pers No.97/HM/KOMINFO/04/2018

    Tanggal 25 April 2018

    Tentang

    Gaet Investor Asia, Menkominfo Umumkan Inaugural Nexticorn International Summit

     
    Jakarta, Kominfo – Hari ini (25/4/2018) Jakarta menjadi tempat acara tahunan para Venture Capital Asia melalui acara 7th Annual Indonesia Forum oleh Forum Pertemuan Investor asing se-Asia. Pertemuan tahunan ke-7 di Indonesia (7th Annual Indonesia Forum) tersebut berlangsung di Hotel Mandarin Oriental dan The Next Indonesia Unicorn  (Nexticorn) menjadi networking sponsornya.
    Menuju kegiatan Inaugural Nexticorn International Summit tanggal 8-10 Mei mendatang di Pulau Bali, Menteri Kominfo Rudiantara juga turut memberikan kata sambutannya di depan puluhan investor se-Asia yang telah menginvestasikan pendanaannya di Indonesia tahun lalu. Ia mengajak para investor global tersebut untuk segera melakukan pendanaan kepada industri digital di Indonesia.
    Keempat unicorn yang telah dilahirkan Indonesia saat ini memiliki total kombinasi valuasi yang melampaui seluruh perusahan telekomunikasi seluler Indonesia. Untuk itu, Menteri Kominfo Rudiantara kembali meyakinkan bahwa perkembangan industri bidang digital berkembang sangat pesat dilihat dari sudut ekonomi makro hingga mikro.
    “Apa yang telah terjadi di Indonesia? Dari perspektif ekonomi makro, ini waktunya bagi kalian untuk menginvestasikan pendanaan kalian di Indonesia khususnya di bidang digital. Kenapa? Kalau tidak, orang lain yang akan investasi,” ucap Rudiantara mengawali sambutannya.
    Tingkat daya saing Indonesia menunjukkan peningkatan dalam hal ease of doing business. Data dari World Bank tahun 2017 ini menunjukkan bahwa Indonesia telah meraih peringkat ke-72 dimana 2 tahun sebelumnya Indonesia berada pada urutan ke-106. Maka dari itu, Menteri Kominfo Rudiantara optimis akan menghasilkan Unicorn di Indonesia yang baru pada akhir tahun 2018. Target ini sebelumnya pernah diucapkan Menteri Kominfo Rudiantara saat berkunjung ke Silicon Valley, tahun 2015 lalu. Ia mengatakan bahwa Indonesia akan memiliki 5 Unicorn sebelum tahun 2020. 
    “Adrenaline saya terpacu, maka dari itu saya terus berbicara bersama teman-teman dan ekosistem untuk mencari cara bagaimana mengembangkan segera bidang digital ini,” tambahnya.
    Untuk mengisi kekosongan mencapai target tersebut, pemerintah membuat program Nexticorn, bagaimana negara bersama ekosistem, membantu dan membuat the next unicorn indonesia. Program ini juga diprakarsai oleh Pemodal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) dan Ernst and Young (EY) yang telah bekerjasama mengembangkan program Nexticorn. 
    “Saya yakin, terutama dengan bantuan para investor di sini, unicorn Indonesia ke-5 akan lahir tahun ini,” papar Chief Rudiantara.
    Peran dari komite program Nexticorn ini adalah membantu para startups menuju langkah selanjutnya untuk menemukan investor yang akan mendanai bisnis digitalnya. Untuk menjembatani pertemuan dengan investor global tersebut, pemerintah telah menemukan 200 startup yang saat ini telah melalui tahapan ignation, workshop, hack sprint, hingga bootcamp dari 10 kota besar Indonesia.
    Sebelumnya, Program Nexticorn telah bertemu dengan beberapa investor dari negara-negara tertentu seperti Jepang dan Amerika. Selanjutnya, akan diadakan juga 8 pertemuan sebagai tindak lanjut program ini yang dilakukan di Indonesia maupun di luar Indonesia. Namun, untuk kick off program Nexticorn ini akan diadakan dalam waktu dekat yaitu tanggal 8-10 Mei 2018 mendatang di Pulau Bali.
    BIRO HUMAS 
    KEMENTERIAN KOMINFO
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA