FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 04-2018

    1046

    Rudiantara Ingatkan Operator Lakukan Konsolidasi

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali mengingatkan kepada operator untuk melakukan konsolidasi, untuk itu pun pihaknya menyiapkan regulasi serta memastikan ketersediaan frekuensi untuk konsolidasi antaroperator.

    "Frekuensi tidak usah dikhawatirkan, kami sedang menata kalau terjadi konsolidasi nanti," ujar dia dalam konferensi pers di Menara Merdeka, Jakarta, Senin.

     

    Rasionalitas untuk keberlangsungan industri, menurut dia, perlu dijaga sehingga persaingan yang tidak rasional harus dihindari.

     

    Rudiantara menuturkan jika laporan keuangan tidak baik, maka operator tidak dapat memelihara jaringan, selanjutnya masyarakat tidak mendapatkan layanan yang bagus.

     

    Meski terus mendorong untuk konsolidasi, Menkominfo mengembalikan keputusan terkait konsolidasi kepada operator karena hal tersebut masuk dalam ranah bisnis.

     

    "Konsolidasi tergantung pemegang saham operator, pemerintah hanya mendorong terjadi konsolidasi dengan menyiapkan regulasi untuk konsolidasi dan dipastikan frekuensi tersedia," tutur dia.

     

    Konsolidasi dinilai Rudiantara efektif untuk membantu mengurangi kerugian yang dirasakan sejumlah operator terkait persaingan yang semakin ketat, sekaligus merampingkan jumlah operator di Indonesia.

     

    Langkah tersebut juga untuk mengubah landscape industri, khususnya untuk operator yang skala ekonomi kecil.

     

    Dengan konsolidasi, skala ekonomi operator menjadi tinggi sehingga mempunyai daya tawar kepada vendor dan dapat membeli alat lebih murah.

    Pemerintah bisa mendorong dengan regulasi, tetapi tak bisa mengintervensi terlalu jauh. "Pemerintah encourage terjadi konsolidasi dengan menyiapkan regulasi. Tapi ini kan kebijakan pemegang saham," ia memungkasi.

     

    Sumber Berita : antaranews.com

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT Selengkapnya

    Kominfo targetkan 12 ribuan desa dapat 4G

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan lebih dari 12.000 desa di Indonesia dapat tersambung ke jaringan 4G hingga dua tahun mend Selengkapnya

    Kemenkominfo targetkan pemerataan transformasi digital pada 2022

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pemerataan transformasi digital ke daerah, khususnya adanya akses internet Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA