FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
13 04-2018

84

Workshop Konten Positif, Gaet Masyarakat Produksi Konten Menarik

Kategori Berita Kementerian | helm003
Suasana Workshop Produksi Konten Digital yang berlangsung di GOR Gajayana Kota Malang, Jawa Timur

Malang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggaet masyarakat dan pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memproduksi konten positif di dunia maya.  Melalui Workshop Produksi Konten Positif selama empat hari dalam Pameran UMKM di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, sejumlah peserta mengaku lebih bisa membuat konten menarik dengan perangkat sehari-hari. 

Pengajar SMKN 1 Malang Budiono menyatakan usai mengikuti kegiatan itu, ia mengaku lebih bisa mengidentifikasi berita negatif dan terdorong menciptakan konten-konten positif di media sosial. "Hari ini saya dapat tambahan ilmu baru tentang cara membuat konten yang menarik lewat handphone saya," ujarnya.

Project Manager Konten Indonesiabaik.id Anastasia menyampaikan untuk memproduksi konten menarik tidak harus rumit dan membutuhkan komputer spesifikasi tinggi. "Bisa melalui handset masing-masing dengan aplikasi-aplikasi yang sederhana. Ide dan pengemasan merupakan komponen kunci untuk menghasilkan konten yang menarik," ujarnya.

Kerja bareng Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo dengan Tim Indonesiabaik.id itu menjadi acara pengisi Pameran UMKM Tahun 2018 yang digelar Pemkot Malang dari tanggal 11 s.d. 14 April 2018. Kementerian Kominfo menargetkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam memproduksi konten-konten yang bermanfaat di media sosial. 

Baca juga : Program Indonesiabaik.id Raih Penghargaan Tertinggi PBB
 
Penyelenggaraan Workshop Produksi Konten Positif hanya satu dari sekian Program Kementerian Komifo berkaitan dengan penanganan konten negatif  di media sosial. Ada pula penanganan di hilir melalui pemblokiran, penutupan maupun penghapusan konten yang tidak sesuai dengan aturan dan norma Bangsa Indonesia. Sementara di hulu dilakukan upaya perubahan sosial budaya dengan mendorong masyarakat agar lebih sadar dan mampu menangani konten negatif, serta mampu memproduksi konten-konten positif di media sosial.

"Kegiatan pameran dan workshop ini sebagai upaya kami untuk mendorong masyarakat agar dapat memproduksi konten positif di media sosial sebanyak-banyaknya. Diharapkan dengan semakin banyaknya konten positif, peredaran konten negatif dapat lebih ditekan," tutur Kasubbag Media Konvensional Biro Humas Helmi Fajar.(ABE)

Berita Terkait

Marakkan Konten Positif, Kominfo Gelar Flash Vlogging

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggaet anak muda untuk aktif memanfaatkan media sosial dalam menyebarkan informasi positif. Kini gi Selengkapnya

Cegah Konten Negatif, Calon Kepala Daerah Harus Daftarkan Akun Media Sosial Miliknya

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) saling bersinergi g Selengkapnya

Menkominfo: Masyarakat Harus Cerdas Gunakan Teknologi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan saat ini masyarakat harus cerdas dalam menggunakan teknologi. Menurutnya perkembang Selengkapnya

Karakteristik Masyarakat Pengaruhi Efisiensi Industri Telekomunikasi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menekankan pemerintah menginginkan terciptanya industri telekomunikasi yang efisien agar masya Selengkapnya